Hadapi MEA, LDII Sulsel akan Bentuk UKM Center – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Hadapi MEA, LDII Sulsel akan Bentuk UKM Center

FAJAR.CO.ID, SENGKANG – Era Masyarakat Ekonomi ASEAN tak lama lagi akan berlaku. Jika Indonesia tak mempersiapkan diri, banyak perusahaan besar akan tutup. Dampaknya terjadi pengangguran besar-besaran. Jika banyak pengangguran, kasus kriminal tak dapat dibendung.

Dilain sisi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tumbuh pesat di Indonesia. UMKM mampu bertahan ditengah gejolak ekonomi global.

Menurut Wakil Ketua Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulsel Sanusi Fattah, UMKM terbukti mampu mengurangi jumlah pengangguran. “UMKM menyerap tenaga kerja terbanyak. Terbukti dapat mengurangi jumlah kemiskinan,” kata Sanusi melalui rilis yang dikirim pihaknya beberapa saat lalu.

LDII Sulsel, kata Sanusi, akan membantu pemerintah mengembangkan UKM dengan jalan membuat UKM Center. “LDII membantu pemerintah menghadapi pasar bebas ASEAN,” kata Sanusi yang juga dosen Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin ini.

Agar UKM dapat bertahan, kata Sanusi, LDII Sulsel akan membuat terobosan. “Kita mau bentuk yang namanya UKM Center,” lanjutnya.

Adapun prinsip kerja UKM Center ini, kata Sanusi, LDII akan membentuk 3 model kegiatan. “Pertama, kita buat klinik usaha. Gambarannya, seperti Puskesmas untuk orang sakit. Jika ada usaha susah mendapat bantuan dapat izin, kita bantu. UKM akan diajari cara pembukuan dan manajerial usaha,” ujarnya.

Model kedua, lanjutnya, LDII Sulsel akan membuat forum kemitraan UKM antar kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan. “Jika sudah kuat, nanti akan dibuat kemitraan antar provinsi dan bahkan se-Indonesia. Kalau sudah kuat, kita akan bersaing dengan luar negeri,” kata Sanusi.

Sedangkan model kegiatan yang ketiga, kata Sanusi, LDII Sulsel akan mengembangkan pembiayaan mikro. “Harus ada lembaga penjamin. Bisa ditalangi oleh lembaga keuangan syariah. Ini yang Muhammad Yunus lakukan di Banglades dan berhasil,” ucapnya. (FAJARONLINE)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top