Kemenhub Investigasi Tenggelamnya KMP Marina – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kemenhub Investigasi Tenggelamnya KMP Marina

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan melakukan investigasi atas dugaan pelanggaran keselamatan terkait over capacity (muatan berlebih) di Kapal Fiber KMP Marina yang karam di perairan Teluk Bone, Sulawesi Tenggara.

Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Publik Kemenhub JA Barata mengatakan proses pencarian melibatkan banyak kapal dari Basarnas, TNI AL, kapal navigasi dan kapal cepat.

“Untuk informasi perkembangan evakuasi saat ini ditangani Basarnas. Itu termasuk informasi jumlah korban,” ujar dia kepada Jawapos.com (Fajar.co.id Group), Senin (21/12).

Meski begitu, sambung Barata, pihaknya akan berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk penyelidikan lebih lanjut. “Nanti dipanggil dan Investigasi dulu. Jumlahnya over kapasitas, nanti kita tanyakan apa benar muatannya sesuai kapasitas kapal. Jadi bukan dugaan tapi fakta,” tegas dia.

Artinya tindakan pertama adalah pencarian evakuasi korban yang selamat dan meninggal. Hal itu penting untuk proses investigasi ke depan. “Kita juga akan datangi korban yang selamat untuk ditanyai kronologi kecelakaan,” urai dia.

Barata menambahkan, jika KMP Marina tak memenuhi izin menyebrang maka dipastikan tak diizinkan berangkat. “Nanti kita cek semuanya. Mulai dari izin, pelampung, life jacket untuk keselamatan cukup tidak,” tandas dia.

KMP Marina tenggelam setelah dihantam ombak besar. 76 penumpang masih dinyatakan hilang. Sementara puluhan korban ditemukan selamat, setelah hampir semalamam bertahan di lautan karena lambatnya proses evakuasi. Beberapa penumpang terdiri dari perempuan, anak-anak dan balita. (hyt/JPG)

Click to comment
To Top