Ombak Lima Meter, Penyeberangan Sore Bira – Selayar Dihentikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ombak Lima Meter, Penyeberangan Sore Bira – Selayar Dihentikan

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Bulukumba, dalam beberapa hari terakhir menyebabkan jadwal penyeberagan kapal Fery pelabuhan Bira rute Kepulauan Selayar untuk sore dihentikan, karena ketinggian ombak diperairan laut yang mencapai empat hingga lima meter rawan bagi penyeberangan.

Kepala Syahbandar Bulukumba, Adam Sabri, mengungkapkan, sejauh ini, jadwal penyeberangan kapal Fery dilakukan dua kali pemberangkatan yakni, pagi dan sore, namun karena kondisi cuaca tidak membaik, ketinggian ombak mencapai empat meter, maka pemberangkatan sore dihentikan sementara. Bahkan, laporan dari Badan Krimatlogi, dan Geofisika (BMKG) juga sudah memberikan wilayah laut Bulukumba-Selayar sebagai zona merah pada sore hari. “Iya, angin kencang kalau sore. Nah, ini berbahaya jika melaut. Jadi, berangkat pagi saja,” katanya, senin 21 desember.

Dia mengaku, sudah menghimbau baik pelabuhan Bira maupun Leppe’e, supaya mematuhi aturan yang dikeluarkan demi keamanan seluruh penumpang. Dimana dia harus meniadakan penyeberangan sore yang biasanya dilakukan pada pukul 15.00 WITA setiap hari. Sebab, kalau memaksakan berbahaya terhadap akan keselamatannya, sehingga ada baiknya menghentikan sambil menunggu cuaca kembali normal. “Kami harap penghentian pemberangkatan sore tidak ada yang disusahkan. Kita tidak mau membahayakan jiwa seseorang,” jelasnya.

Staf operasional pelabuhan penyeberangan Bira Bulukumba, Andi Abidin, menjelaskan, pihaknya tela menerima surat himbauan dari Syahbandar meminta berhati-hati karena kondisi cuaca kurang membaik. Sehingga penyeberangan Bira terpaksa dilakukan sistem buka tutup dengan melihat kondisi laut, meski puluhan mobil truk dan bus sedang menunggu pemberangkatan. “Kita tetap melihat pada kondisi cuaca. Kalau memungkinkan menyeberang dilakukan, kalau tidak ditutup. Tapi, ederan Syahbandar memang sudah ada,” katanya. (FAJARONLINE.COM/taq)

loading...
Click to comment
To Top