Siang Ini Sidang Vonis Rio Capella – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Siang Ini Sidang Vonis Rio Capella

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Persidangan atas Patrice Rio Capella di Pengadilan Tipikor Jakarta bakal memasuki sesi terakhir pada hari ini (21/12). Rencananya, siang nanti majelis hakim bakal membacakan vonis untuk bekas sekretaris jenderal Partai NasDem yang didakwa menerima suap itu.

Sesuai jadwal dari pengadilan, vonis akan dibacakan pada pukul 14.00 siang nanti. Kuasa hukum Patrice, Maqdir Ismail menyatakan, kliennya sudah siap mendengar vonis majelis.

“Kita sementara akan mendengarkan saja putusannya. Rencana jam dua siang, bukan pagi,” kata Maqdir saat dihubungi, Senin (21/12) pagi.

Maqdir pun berharap majelis hakim bisa menjatuhkan hukuman seadil-adilnya kepada mantan anggota Komisi III DPR itu. Meski demikian, Maqdir dan tim penasihat hukum Patrice tak mau berspekulasi soal upaya hukum lanjutan atas vonis bagi terdakwa penerima suap dari Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho itu.

“Ya mudah-mudahan yang terbaik dan putusan itu adil untuk Pak Rio. Nanti setelah putusan keluar seperti apa (langkah selanjutnya)” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman penjara selama dua tahun dan denda sebesar Rp 50 juta subsider satu bulan kepada Patrice. JPU meyakini  Patrice selaku anggota DPR terbukti secara sah dan meyakinkan menerima hadiah dari Gatot dan istrinya, Evy Susanti berupa uang sebesar Rp 200 juta melalui Fransisca Insani Rahesti.

Maksud pemberian uang Rp 200 juta itu tak lain agar Patrice mengupayakan komunikasi Gatot dengan Kejaksaan Agung terkait penyidikan kasus korupsi dana bantuan sosial di Pemprov Sumut. Kasus itu telah menyeret Gatot sebagai tersangkanya. (put/jpg)

Click to comment
To Top