YKPM Kawal Bupati Berdayakan Perempuan di Pangkep – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

YKPM Kawal Bupati Berdayakan Perempuan di Pangkep

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pascapilkada, bupati terpilih dituntut lebih memberdayakan masyarakat terutama kalangan perempuan dalam pembangunan daerah.

Hal itu ditegaskan Yayasan Kajian Pemberdayaan Masyarakat (YKPM), yang dalam tiga tahun terakhir sukses menjalankan program penguatan kapasitas perempuan desa dan perempuan miskin, melalui Sekolah Perempuan Desa di Kabupaten Pangkep.

Direktur Eksekutif YPKM, Mulyadi Prajitno mengatakan dengan hasil pilkada yang dimenangkan Syamsuddin Hamid-Syahban Sammana saat ini, pihaknya siap memastikan mengawal kelanjutan pemberdayaan gender di Pangkep. Para calon bupati dan wakil bupati membubuhkan tanda tangannya di atas pernyataan bersedia menjalankan program Gender Watch.

“Ini yang kita harapkan berkesinambungan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat disana,” beber Mulyadi via rilis, Senin 21 Desember.

Di antaranya pada perbaikan infrastruktur, layanan publik, pangan, dan kebutuhan lainnya. Terutama memaksimalkan peran perempuan di 10 pulau, dan 4 desa di Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Pangkep yang menjadi lokus pendampingan YKPM selama tiga tahun terakhir.

Apalagi YKPM telah menggelar Temu Kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangkep sebelum pencoblosan 9 Desember lalu, dan meminta kesediaan empat paslon saat itu menjalankan program kesetaraan gender (gender watch), siapapun yang nantinya terpilih sebagai kepala daerah.

“Tahundepan, kita lanjutkan program selama empat tahun. Kita berharap komitmen bupati terpilih yang telah ditetapkan, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kalangan perempuan ini,” bebernya.

Hal ini juga ditegaskan pelaksana Program Gender Watch YPKM, Rosniati, dan Koordinator dan Staf Advokasi, Sudirman. Mereka mengatakan Sekolah Perempuan telah dilibatkan dalam pengambilan keputusan pada tingkat Desa sampai Kabupaten dalam mengawal Musrenbang. (nasrun nur/FAJARONLINE)


loading...
Click to comment
To Top