Bangun Pagi Sangat Baik untuk Otak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Bangun Pagi Sangat Baik untuk Otak

Bangun Pagi Sangat Baik untuk Otak

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sangat penting menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan seseorang. Mengatur istirahat menjadi salah satu poin penting untuk menjaga kesehatan. Bangun pagi misalnya, sesuatu yang terkadang dianggap sepele ini sangat penting bagi otak.

Spesialis Neurologi RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS), dr. Muhammad Yunus Amran, S Ked Ph D menjelaskan bahwa bangun pagi sangat memengaruhi otak. Alasannya, bangun di awal membuat beberapa sel-sel otak teraktivasi. Dengan demikian daya tangkap menjadi lebih bagus.

Hanya saja, bangun pagi yang dimaksudkan adalah bagi orang dengan tidur yang cukup, atau dalam artian tidurnya berkualitas. Sebaliknya, bangun kesiangan mengakibatkan hormon tertentu tidak terproduksi dengan baik. Inilah yang kemudian membuat orang menjadi lemas dan mudah marah.

“Tapi harus cukup tidurnya, harus berkualitas agar saat bangun pagi tubuh menjadi segar,” terangnya. Di bagian lain, Dosen Olahraga Fakultas Olahraga Universitas Negeri Makassar (UNM), DR Nukhrawi Nawir M Kes AIFO menuturkan bangun pagi bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Namun hal ini bergantung pada orangnya, yakni lebih kepada apa yang dilakukan saat bangun pagi. Bangun tidur yang baik adalah ketika tidur juga di awal waktu alias tidak begadang. Jika ini dilakukan maka efeknya terhadap jantung sangat bagus.

“Bangun pagi membuat perasaan segar dan nyaman. Tetapi bagi yang begadang karena frekuensi tidur dan kualitas kurang, maka kondisi akan menjadi buruk saat bangun pagi,” ujarnya.

loading...
Click to comment
To Top