Empat Kecamatan Rawan Bencana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Empat Kecamatan Rawan Bencana

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulukumba, memetakan wilayah rawan bencana di daerah ini. Itu dilakukan setelah beberapa hari terakhir Bumi Panrita Lopi diguyur hujan yang disertai dengan angin kencang.

Dari sepuluh wilayah kecamatan yang dipetakan, ada empat Kecamatan ditetapkan BPBD berpotensi terjadi bencana longsor dan banjir. Pertama Kecamatan Gantarang, Kindang, Ujungbulu dan Ujungloe. Hal itu diungkapkan Kepala BPBD Bulukumba, Andi Akrim, Selasa 22 Desember.

Menurutnya, untuk Kecamatan Kindang terdapat satu desa serta satu kelurahan rawan terjadi bencana longsor yakni, Desa Kahayya dan Kelurahan Borong Rappoa. Sedangkan bencana banjir rawan terjadi di Kecamatan Ujungloe, Ujungbulu dan Kecamatan Gantarang.

Mengantisipasi terjadinya bencana, kata Andi Akrim, jauh sebelum memasuki musim hujan pemerintah telah membuat tanggul. Itu dilakukan sebagai salah satu upaya mengatasi banjir khususnya di tiga kecamatan tersebut.

Ketiga kecamatan itu masuk rawan bencana banjir karena diapit beberapa aliran sungai besar. “Pemerintah telah lakukan beberapa antisipasi bagi kecamatan yang masuk rawan terjadi bencana, dan hasilnya telah terlihat,” kata Akrim.

Meski demikian, Akrim mengaku, tetap mengimbau agar masyarakat tetap mengantisipasi terjadinya bencana. “Dari empat kecamatan tersebut memang tergolong daerah rawan sesuai data yang telah kita peroleh,” katanya.

Akrim juga menjelaskan, untuk bencana banjir pihaknya telah berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), salah satunya Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bulukumba. Dimana beberapa sungai induk telah dilakukan pelebaran serta pemasangan tanggul. Seperti di sungai Bialo kecamatan Gantarang dan sungai Jembatan Teko Kecamatan Ujung bulu.

“Kalau untuk longsor sendiri, beberapa spanduk telah kita pasang di wilayah yang memang rawan terjadinya longsor. Selain itu juga kami telah berkoordinasi dengan dinas PU untuk selalu siap sedia alat beratnya,” kata Andi Akrim.(mustaqim/FAJARONLINE)


 

loading...
Click to comment
To Top