Jelang Pembacaan Tuntutan, SDA Masih Diperiksa Dokter – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Jelang Pembacaan Tuntutan, SDA Masih Diperiksa Dokter

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Persidangan atas Suryadharma Ali (SDA) di Pengadilan Tipikor Jakarta dengan agenda pembacaan tuntutan pada  hari ini (22/12) terancam ditunda. Penyebabnya, menteri agama era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II yang menjadi terdakwa kasus korupsi penyelenggaraan haji itu dalam kondisi sakit.

Kuasa hukum SDA, Jhonson Panjaitan mengatakan, saat ini kliennya yang ditahan di Rutan Pomdam Jaya masih diperiksa oleh tim dokter  KPK. Karenanya, hingga kini tim kuasa hukum masih menunggu kepastian kabar SDA untuk hadir di persidangan.

“Masih diperiksa di rutan KPK. Sakitnya komplikasi sebenarnya, ada diabetes dan jantung. Belum tahu di-opname atau tidak. Ini masih nunggu,” kata Jhonson di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (22/12).

Menurut Jhonson, SDA memang memiliki riwayat penyakit jantung dan diabetes sejak lama. Saat mendekam di rutan, mantan ketua umum PPP itu diberi kesempatan untuk memeriksakan kesehatannya di RSPAD Gatot Subroto.

“Dia terapi khusus juga. Pernah periksa khusus ke RSAL (RSAL Mintoharjo, red),” jelasnya.

Karenanya, apabila SDA nantinya bisa dihadapkan di persidangan, tim penasihat hukum tinggal menunggu penetapan keputusan hakim. Apakah sidang bakal dilanjutkan, atau menundanya hingga kondisi SDA pulih.

“Apakah karena alasan medik berat atau tidak, ini tergantung putusan hakim. Kalau ternyata begitu, ya ditunda. Ini masih nunggu putusan medik,” pungkasnya.

Seperti diketahui, SDA didakwa korupsi dalam penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama tahun anggaran 2010 hingga 2013. Dia juga didakwa menggunakan dana operasional menteri (DOM) di Kementerian Agama untuk kepentingan pribadi. (put/jpg)‎

loading...
Click to comment
To Top