Benarkah Sakit Leher saat Bangun Tidur karena Salah Bantal? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Benarkah Sakit Leher saat Bangun Tidur karena Salah Bantal?

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Seseorang kadang merasakan nyeri dibagian leher. Kok bisa yah ? Nah, orang menyebutnya salah tidur atau salah bantal. Akibatnya leher menjadi sulit difungsikan.

Salah bantal atau salah tidur dapat mengakibatkan nyeri di otot-otot leher dan punggung atas. Akibatnya, orang menjadi sulit bergerak. Hal tersebut dikatakan oleh Spesialis Rehabilitasi Medik RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS), dr Nilla Mayasari.

Dalam dunia medis kejadian ini disebut dengan spasme. Ini karena otot-otot bekerja lebih atau over activity. Asumsi bahwa spasme diakibatkan salah tidur atau salah bantal tidaklah salah. Sebab salah tidur atau salah bantal merupakan salah satu pemicunya.

Spasme, lanjutnya, bukanlah kejadian yang terjadi secara mendadak. Sebaliknya, ketegangan di otot leher dan punggung berproses. “Spasme itu tidak dadakan seperti yang dikira karena begitu bangun langsung sakit. Tetapi berproses ditambah,” ujar, Nilla, sapaannya.

Spasme, biasanya terjadi saat bekerja, dan bisa juga saat duduk. Selanjutnya, posisi tidur yang tidak berubah-ubah membuat otot menjadi tegang. Pun ini bisa terjadi kalau menggunakan bantal keras terlalu tinggi.

Lantas berapa lama prosesnya? Ibu tiga anak ini mengatakan bergantung aktivitas individu. Ia memberikan contoh seseorang yang tiba-tiba mengerjakan banyak tugas bisa mengalami nyeri tiba-tiba.

Untuk mengobatinya, maka terlebih dahulu dilakukan relaksasi. Jika nyerinya hebat, diberikan anti nyeri serta dikurangi aktivitasnya. Kemudian jika tidak berhasil maka ditindaki sesuai dengan tahapan yang dilakukan rehabilitasi medik, yakni dengan latihan-latihan untuk mengembalikan kelenturan otot.

“Inikan tidak boleh dibiarkan karena berdampak sakit kepala yang secara tidak langsung membuat produktivitas menurun,” Tutupnya.

loading...
Click to comment
To Top