Geopolitik Pilgub Sulsel Menghangat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Geopolitik Pilgub Sulsel Menghangat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Usai pilkada serentak 11 daerah tahun ini, perhatian masyarakat akan tertuju ke pilgub Sulsel. Helatan itu akan seru karena diperebutkan tokoh populer dan punya prestasi membanggakan.

Nama tenar seperti Prof Nurdin Abdullah, Aziz Qahhar Mudzakkar, Ichsan Yasin Limpo, Lutfi A Mutty, Akbar Faizal, dan Agus Arifin Nu’mang akan menghiasi pilgub.

Selain nama-nama tersebut beberapa nama tenar lainnya juga disebut-sebut siap bersaing seperti Andi Ridwan Wittiri, Latinro Latunrung, Abraham Samad, Andi Burhanuddin, Tamsil Linrung, hingga Irman Yasin Limpo. Lalu siapakah yang punya kans besar menggantikan sang komandan SYL.

Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir, mengatakan dari semua nama-nama populer tersebut saat ini berdasarkan popularitas, aksetabilitas, elektabilitas ada empat nama terdepan yaitu Prof Nurdin Abdullah, Ichsan Yasin Limpo, Azis Kahar, dan Agus Arifin Nu’mang paling teratas.

“Dimana mereka sudah dikenal dan disukai. Tinggal mereka melakukan kerja-kerja politik untuk mendapatkan elektabilitas tertinggi, karena saat ini tingkat elektabilitas mereka tergolong ketat,” ujar Suwadi, Rabu 23 Desember.

Secara geopolitik, keterwakilannya blok selatan, tengah dan Luwu Raya dinilai berimbang. Di selatan ada nama Prof Nurdin Abdullah dan Ichsan Yasin Limpo. Blok tengah/utara ada nama seperti Akbar Faizal, Agus Arifin Nu’mang, Abraham Samad, Andi Burhanuddin, Tamsil Linrung. “Di blok Luwu Raya ada nama tenar Aziz Qahhar Mudzakkar dan Lutfi A Mutty,” bebernya.

Menurut dia, faktor geopolitik di Pilgub Sulsel sangat penting diperhatikan untuk menciptakan paket ideal dan kombinasi gerakan politik untuk memenangkan pilgub. Menurut Suwadi, pilgub Sulsel yang diincar tokoh potensial membuktikan daerah ini memiliki banyak SDM mumpuni yang bisa dipersiapkan ke level nasional. (nasrun nur/FAJARONLINE)

Click to comment
To Top