Homoseksual Punya Andil Besar Penyebaran HIV/AIDS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Homoseksual Punya Andil Besar Penyebaran HIV/AIDS

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Berhubungan dengan sesama jenis bukan saja tidak mendapat tempat di masyarakat khususnya Sulsel. Lebih dari itu, homoseksual memiliki andil besar dalam penyebaran HIV/AIDS.

Homoseksual sendiri merupakan rasa ketertarikan atau perilaku seksual dengan antara individu berjenis kelamin atau gender yang sama. Hubungan ini adalah salah satu dari tiga kategori utama orientasi seksual, bersama dengan biseksualitas dan heteroseksualitas.

Dalam dunia medis, homoseksual merupakan hubungan yang tidak sehat. Sejumlah penyakit dapat ditularkan akibat perilaku menyimpang ini.

Pakar sekseologi Makassar, Prof Randanan Bandaso menjelaskan seks tidak sehat sangat berbahaya bagi kesehatan. Alasannya, saat laki-laki berhubungan dengan sesamanya maka kemungkinan yang dilakukannya adalah melalui dubur (anus) atau oral seks (melalui mulut).

Saat melalui dubur, sangat besar potensi mengalami infeksi sebab dubur tidak memiliki epitel layaknya pada miss v. Epitel tersebut berada di dinding miss v dengan bentuk yang tebal sehingga ketika berhubungan tidak lecet.

“Di dubur tidak ada epitelnya sehingga mudah luka dan infeksi. Ini menyebabkan HIV/AIDS dan penyakit lainnya yang diakibatkan oleh infeksi,” terangnya.

Hal ini juga berlaku jika pasangan melakukan oral seks. Cairan yang masuk ke mulut sangat potensial membawa penyakit HIV/AIDS.

Lantas mengapa hubungan tidak sehat ini membuat ketaguhan? Pria kelahiran Makale ini menjelaskan, hubungan seksual memang akan membawa efek ketagihan bagi yang merasakannya. Baik itu itu ketika melakukannya dengan sesama jenis maupun melakukannya sendiri (onani atau mastrubasi red).

“Homoseksual sama saja dengan seks yang biasa (lawan jenis red) dan onani. Akan membawa dampak ketagihan, tetapi perilaku ini tidak baik, jadi harus dihentikan,” tegas dosen Unhas ini.

To Top