Korban Angin Puting Beliung Perbaiki Rumah Secara Swadaya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Korban Angin Puting Beliung Perbaiki Rumah Secara Swadaya

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Musibah angin puting beliung di tiga desa di Kecamatan Rilau Ale belum lama ini, para warga nampak mulai memperbaiki rumahnya masing-masing. Ironisnya, mereka membangun dengan swadaya masyarakat tanpa bantuan dari pemerintah setempat.

Hal ini diakui Kepala Desa Tanah Harapan Kecamatan Rilau Ale, Umar Para. Ia mengatakan korban puting beliung yang hampir 60 persen rumahnya rusak parah di desanya diperbaiki dengan swadaya dari masyarakat setempat dan keluarga dari korban “Untuk perbaikan rumah dan sebagainya menggunakan masing-masing uang para korban, saudara serta para dermawan yang datang untuk membantu,” kata Umar Para, Rabu 23 Desember.

Sudarman, seorang korban mengaku telah mengeluarkan uang hampir Rp 2 juta untuk memperbaiki atap dan sejumlah tembok yang roboh. Ia mengaku sangat menyayangkan pemda setempat tidak memperhatikannya. “Harapan kami pemerintah bisa membantu, agar kami bisa memperbaiki rumah seperti sediakala,” ucapnya.

Bukan hanya itu, Sudarman mengatakan kalau sampai saat ini para korban angin puting beliung di dusun Masagena desa Tanah Harapan telah kembali ke rumahnya. Begitupun dengan korban angin puting beliung yang ada di desa Bontomanai dan desa Topanda kecamatan Rilau Ale juga sudah kembali ke rumahnya.

“Kami menunggu bantuan dari pemerintah kabupaten Bulukumba untuk perbaikan rumah kami, namun itu tidak ada, jadi kita pilih swadaya saja” katanya.

Sementara itu kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulukumba, Andi Akrim mengatakan kalau sampai saat ini memang belum ada dana untuk perbaikan rumah para korban angin puting beliung di tiga desa di kecamatan Rilau Ale tersebut. Namun pihak BPBD setempat masih melakukan pemantauan terhadap para korban.

“Memang rata-rata para korban angin puting beliung telah kembali ke rumahnya, setelah mereka melakukan perbaikan rumah secara swadaya” kata Akrim.

Menurut Akrim kalau masalah anggaran untuk perbaikan rumah memang ada pos tersendiri, namun dirinya tidak mengetahui jelas dimana pos anggaran tersebut.  “Karena BPBD kabupaten Bulukumba hanya menberikan bantuan sembako dan yang lainya” kata Akrim.(FAJARONLINE.COM/mustaqim)

Click to comment
To Top