PB Kebugis Persatukan Perantau Bugis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

PB Kebugis Persatukan Perantau Bugis

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengurus Besar (PB) Kerukunan Suku Bugis (Kebugis) berhasil menyatukan perantau Bugis di Jakarta. Melalui gelaran jalan santai dalam suasana Car Free Day (CFD), Mingu, 20 Desember, sekitar 700-an warga Kebugis ikut ambil bagian. Kemeriahan dilanjutkan dengan panggung hiburan dan door prize yang disiapkan panitia  jalan santai.
Acara yang disponsori Bank BRI ini dimana Dirut BRI sendiri adalah putra Sulsel, Asmawi Syam berjalan dengan sukses. Acara ini dianggap sebagai langkah untuk menyatukan warga diperantauan yang rindu dengan kebersamaan. Apalagi, setelah lama menetap di Jakarta. Banyak kisah yang hadir dalam kebersamaan yang sempat heboh dengan game nama-nama kue khas Bugis tersebut.
“Ini adalah momen silaturrahmi dan kita apresiasi kerja panitia yang begitu singkat tapi hasilnya memuaskan. KEBUGIS hari ini baru 10 bulan, dilantik 18 April 2015 lalu di Jakarta, dan sudah melantik atau mengukuhkan 2 (Pengurus) Provinsi: Papua dan Kalimantan Utara,” kata Ketua Umum KEBUGIS Irjen Pol Dr M Said Saile dalam sambutannya.
Program berikutnya, lanjut Said Saile, adalah penelitian tentang maraknya pengguna narkoba dan sobis, telepon-telepon gelap dan penipuan mama minta pulsa. Termasuk melantik Pengurus Wilayah Kalimantan Timur, Selatan, dan Sulawesi Tengah, bahkan Nabire. “Cabang Wilayah Papua juga minta dilantik oleh PB KEBUGIS,” imbuhnya.
Dr Andi Jamaro Dulung yang mewakili BPP KKSS. Dalam sambutannya, Andi mengagumi KEBUGIS sebagai salah satu pilar yang memiliki inisiatif mengumpulkan warga Sulsel. Beliau berharap kelak BPP KKSS dapat mengadakan acara yang sama, supaya semua pilar dan Badan Otonom KKSS dapat turut serta supaya lebih meriah warga Susel.
“Aktivis KEBUGIS sebagian besar adalah Pengurus KKSS Pusat seperti Letkol Amir dan M Saleh Mude,” pungkas Andi Jamarro.
Acara dimulai Pukul 07:00 WIB dengan didahului baca doa oleh H Mazerang Dahlan, kemudian peserta Jalan Santai dilepas oleh Ketua Umum KEBUGIS didampingi Andi Jamaro dan Bobby Patompo dari Institut Lembang 9, Lembaga Kajian Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla yang dipimpin oleh Bapak HM Alwi Hamu, Ketua Dewan Pembina KEBUGIS .
Rombongan Jalan Santai mengelilingi Monas yang berjarak sekitar 4 km dengan dikawal Panitia dan Laskar Bugis Makassar. Dilanjutkan panggung gembira dangdutan dan pengundian puluhan door prize.
Menurut Ketua Panitia, Door Prize itu merupakan bantuan sponsor dari berbagai Perusahaan. Mulai Bank BRI Pusat, Pupuk Kalimantan Timur, Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Astrido Toyota, Farrel Rentang Mobil, Super O2, Hadi Jaya Makmur, Pro deleader, Metropol news, Ajatappareng news, Harian Fajar, Tribun Timur Makassar, DETAK Samarinda.Com, dll.
Acara ditutup Pukul 09:30 WITA dengan foto bersama Ketua Umum PB KEBUGIS sekaligus pemberian cinderamata dari Panitia Pelaksana. Sebuah foto berbingkai untuk Ketua Umum.
Meski acara Jalan Santai dan Panggung Gembira ini hanya dipersiapkan tidak lebih dari 2 bulan, kata Ketua Panitia Amiruddin Amparita, dan meski target menghadirkan 1.000 warga KKSS tidak tercapai, namun kegiatan ini telah sukses luar biasa. KEBUGIS telah menorehkan sejarah persatuan warga Sulsel atau passompe (perantau-red) di halaman Monumen Nasional, tepat di Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN 20 Desember 2015). (arm)
loading...
Click to comment
To Top