Terima Suap Gubernur Sumut, Dua Hakim PTUN Medan Dituntut 4,5 Tahun Penjara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Terima Suap Gubernur Sumut, Dua Hakim PTUN Medan Dituntut 4,5 Tahun Penjara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jaksa penuntut umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan tuntutan agar dua hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Dermawan Ginting dan Amir Fauzi dihukum dengan penjara selama 4,5 tahun dan denda Rp 200 juta subsider enam bulan kurungan. JPU meyakini kedua hakim itu telah menerima suap dari Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho melalui pengacara kondang OC Kaligis dan anak buahnya, M Yagari Bhastara alias Gary.

“Meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa Amir Fauzi berupa pidana selama empat tahun dan enam bulan penjara dikurangi masa tahanan serta denda sebesar Rp 200 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka digantikan dengan enam bulan kurungan,” kata JPU Surya Neli saat membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Rabu (23/12).

Tuntutan hukuman yang sama juga diajukan kepada Dermawan Ginting. JPU KPK Risma Ansari meminta kepada majelis hakim agar menjatuhkan hukuman 4,5 tahun penjara kepada Dermawan plus denda Rp 200 juta subsider enam bulan kurungan.

JPU meyakini Dermawan dan Fauzi terbukti melanggar pasal 12 huruf c UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana, sesuai dakwaan pertama. Kedua hakim itu menerima suap masing-masing sebesar USD 5.000 dari Gatot dan istrinya, Evy Susanti melalui OC Kaligis dan Gary.

Tujuan suap adalah agar hakim PTUN Medan memenangkan gugatan Pemprov Sumut atas kejaksaan. Objek gugatannya adalah surat panggilan permintaan keterangan (SPPK) dan surat perintah penyelidikan (Sprinlidik) Kejati Sumut terkait dugaan korupsi dana bansos yang menyeret Gatot sebagai tersangkanya.

Dalam perkara ini, sudah ada tiga terdakwa yang divonis bersalah majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta. Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro dihukum selama dua tahun penjara, sedangkan paniteranya, Syamsir Yusfan dijatuhi tiga tahun penjara. Terakhir, pengacara OC Kaligis yang dibui selama lima tahun enam bulan.

Sedangkan Gatot dan istrinya Evy Susanti baru mulai didakwa. Keduanya didakwa secara bersama-sama menyuap Tripeni, Dermawan Ginting, Amir Fauzi dan Syamsir melalui Kaligis dan Gary. (put/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top