Waduh..PAD Usaha Walet Bocor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Waduh..PAD Usaha Walet Bocor

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Ratusan usaha walet yang ada di kabupaten Bulukumba banyak yang tidak memiliki izin. Padahal jika dimaksimalkan, usaha walet tersebut bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp 300 juta per tahunnya. Akhirnya, pendapatan tersebut tidak kepada daerah atau bocor kepada pelaku usaha tersebut.

Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Bulukumba, mengungkapkan, dari ratusan usaha walet yang ada, hanya ada dua yang memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU).

” Seandainya ini dilakukan pengawasan yang baik, maka kita akan bisa mendapat Rp 300 juta pertahunnya yang akan masuk dalam PAD. Sebab, jika izin usahanya habis maka para pelaku usaha tersebut akan melakukan perpanjangan. Namun, kan faktanya tidak, itu masih di pribadi saja,”kata Kabid Perizinan dan Non Perizinan, BPMPT Bulukumba, Rudi Ramlan, rabu 23 desember.

Ia menuding, kondisi seperti ini bisa terjadi karena telah dilakukan pembiaran oleh satuan polisi pamong praja (Satpol PP) dan linmas. Dimana terbukti lemah dalam melakukan pengawasan sehingga dari ratusan usaha walet itu hanya dua yang memiliki izin.

Menurutnya, Kurangnya tekanan dari instansi yang bersangkutan membuat para pengusaha walet tidak sadar akan pentingya SITU dan dampak usaha walet kepada masyarakat sekitar. Ia berharap Satpol pp sebagai lembaga pengawasan bisa melakukan presur agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) di bidang usaha walet.

“Untung Kecamatan Ujung Bulu saja, ada tiga puluh usaha. Belum lagi ditambah dengan kecamatan yang lain. Kita tidak berwenang jadi biarkan saja, karena seharusnya ini menjadi tugas Satpol PP dalam melakukan penegakan,” tegas mantan kasubag protol tersebut.

Ia meminta kepada Satpol PP jangan tinggal diam dengan kondisi seperti ini. Menurutnya, untuk apa ada usaha tersebut kalau tidak bisa berdistribusi kepada daerah. ” Jika tidak ada SITUnya langsung disegel, supaya mengurus izin semua. Sampai kapan begini terus,” jelasnya.(mustaqim/FAJARONLINE.COM)

loading...
Click to comment
To Top