Walaaah, KPU Maluku Utara dan KPU Halsel Rebutan Kotak Suara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Walaaah, KPU Maluku Utara dan KPU Halsel Rebutan Kotak Suara

FAJAR.CO.ID, TERNATE — Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara melakukan take over KPU Halmahera Selatan (Halsel) tidak diterima lima komisioner KPU Halsel. Mereka mencoba pertahankan kotak suara berisi rekapitulasi surat suara di 30 kecamatan di Kabupaten Halsel, saat  KPU Provinsi Malut ingin membawa kota suara  ke Ternate untuk rekapan ulang.

“Besok (red, hari ini) sekitar pukul 14.00 Wit dilakukan rekapitulasi ulang PPK Kecamatan Bacan, namun kotak suara 30 kecamatan dibawa ke provinsi karena tugas dan kerja KPU Halsel telah diambil alih, lantaran lima komisionernya telah dinonaktifkan,” tandasnya.

Pantauan Malut Post (Jawa Pos Grup), Safri Awal dan staf KPU dikawal ketat oleh 5 anggota Brimob Polda Malut yang dilengkapi rompi anti peluru dan senjata. “KPU Provinsi tidak memihak ke salah satu pasangan calon. KPU melaksanakan tugas berdasarkan aturan yang berlaku,” tegas Safri.

Mantan anggota KPU Halsel ini juga menjelaskan, setelah dinonaktifkan kegiatan pilkada yang dilakukan KPU Halsel illegal. Dengan sendirinya rekap hasil perolehan suara di PPK Kecamatan Bacan ilegal.

“Tidak masalah meskipun ada pasangan yang telah memasukkan gugatan ke MK, proses rekapitulasi ulang hasil PPK Bacan tetap dilanjutkan besok (red, hari ini),” tandas Safri.

Sayang upaya KPU Malut belum berhasil. Sampai pukul 18.00 Wit, kotak suara masih terkunci dalam ruangan yang digembok.

Upaya KPU Malut ini mendapat kecaman dan protes dari saksi masing-masing pasangan calon.  “Proses telah selesai jadi alasan apa KPU Provinsi bawa kotak suara ke provinsi,” tutur saksi pasangan Rusihan–Beny, Muhammad Darus.

Kabag Ops Polres Halsel AKP Subroto ketika dikonfirmasi mengatakan, pihak kepolisian hanya mementingkan masalah kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Halsel. “Polres hanya mementingkan masalah kantibmas, mau diambil alih atau tidak itu ranahnya KPU,” kata Subroto. (ato/jfr/ham/jpg)

loading...
Click to comment
To Top