Kotak Suara Disandera, Kapolda dan Danrem Turun Tangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Kotak Suara Disandera, Kapolda dan Danrem Turun Tangan

FAJAR.CO.ID, TERNATE –  Rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut merekap  ulang perolehan suara di Kecamatan Bacan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) gagal. Ini akibat kotak surat suara tidak berhasil dibawa oleh perwakilan KPU Malut, Safri Awal dari Halsel ke Ternate, kemarin (23/12).

Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo kepada Malut Post (JawaPos Grup) mengatakan jika kotak suara sudah ada maka rencanananya rekapitulasi akan dimulai pada pukul 14.00 Wit di Bela International Hotel, Rabu 23/12).

“Pleno tidak bisa dilakukan kalau tidak ada kotak suara,” ujar Syahrani saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (23/12).

Dia mengatakan batalnya pengambilan kotak suara karena dihadang oleh salah satu pendukung pasanagn calon (paslon) Bupati Halsel.

“Bukannya mereka (KPU Halsel,red) tidak mau memberikan kotak suara, mereka hanya gembok ruangan saja dan gembok itu tinggal dibongkar sudah selesai. Cuma tergantung keamanan polisi di sana,” katanya.

Dia juga sudah meminta pengamanan dari Polda Malut, Korem 152 Babullah untuk mengambil kotak suara di Kantor KPU Halsel. “Jadi kami serahkan semua ke kepolisian dan TNI, karena kami cuma meminta seluruh dokumen itu aman sampai ke Provinsi,” ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Malut Sultan Alwan mengatakan, rencananya, besok (hari ini, red) Bawaslu, KPU Malut, Polri dan TNI bersama-sama menuju Halsel untuk mengambil kotak suara tersebut.

“Besok (hari ini, red) kita ke Halsel. Yang ikut yakni Kapolda Malut, Brigjen (Pol) Zulkarnain, Dandrem 152 Babullah Kolenel (inf) Syafrial dan Ketua KPU Malut Syahrani Somdayo,” ungkap Sultan saat dikonfirmasi, kemarin (23/12). (tr-04/jfr/jpg)

Click to comment
To Top