63 Jasad KMP Marina Diidentifikasi di 5 Rumah Sakit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

63 Jasad KMP Marina Diidentifikasi di 5 Rumah Sakit

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan SAR Nasional Kendari, Sulawesi Tenggara merilis jumlah korban meninggal musibah tenggelam KM Marina Baru 2B.

“Sejak dilakukan pencarian korban setelah tenggelam KM Marina pada 19 Desember lalu, hingga hari ini total korban meninggal yang ditemukan sudah mencapai 63 orang,” kata Humas Basarnas Kendari, Wahyudin, Kamis (24/12) malam.

Ia menyebutkan, korban tenggelam KM Marina Baru 2B yang ditemukan dalam keadaan selamat sebanyak 40 orang. Sehingga total penumpang yang ditemukan baik sudah meninggal maupun selamat sebanyak 103 orang, katanya lagi.

Secara terpisah, Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional (Basarnas) Brigjen TNI (Mar) Ivan Ahmad Riski Titus mengatakan, 63 jenazah Kapal Motor (KM) Marina Baru 2B dievakuasi ke lima rumah sakit.

Seperti dilansir dari Antaranews, lima rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa jenazah para korban KM Marina Baru 2B jenis fiber itu adalah RS Pinrang (Sulsel) satu orang, RS Kolaka (Sultra) dua jenazah, RS Siwa (Sulsel) 17 jenazah, RS Lasusua (Sultra) 40 jenazah dan RS Wotu tiga orang.

Namun dari jumlah itu, tidak semua jenazah sudah teridentifikasi. Tim forensik dari Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sultra dan Polda Sulsel juga masih terus bekerja mengidentifikasi para jenazah tersebut.

Sementara itu, beberapa kapal yang diterjunkan untuk menyisir perairan di Kolaka, Sulawesi Tenggara, dan Teluk Bone, Sulawesi Selatan, di antaranya KN Pacitan milik Basarnas, KP Bangau dan RB 210 yang merupakan kapal jenis patroli cepat.

Untuk KN Pacitan milik Basarnas itu berhasil mengevakuasi 23 korban jenazah (11 laki-laki, 11 perempuan dan satu tanpa diketahui kelaminnya). Kemudian KP Bangau mengevakuasi empat korban jenazah (satu laki dan tiga perempuan), serta RB 210 mengevakuasi 13 korban jenazah yang semua kelaminnya belum diketahui.

KM Marina mengangkut penumpang termasuk anak buah kapal (ABK) sebanyak 118 orang, di antaranya 91 orang dewasa dan 19 anak-anak dan balita serta selebihnya ABK.

Kapal Motor (KM) Marina berangkat dari Pelabuhan Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, menuju Pelabuhan Bansalae, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/12) sekitar pukul 11.00 WITA.

Kemudian setelah berlayar beberapa jam, kapal itu dihantam ombak besar dan sempat melaporkan ke Syahbandar Siwa sekitar pukul 16.00 WITA bahwa kapal itu kemasukan air akibat terjangan ombak besar. (wid/rmol)

Click to comment
To Top