Dicurigai Bawa Granat, Mahasiswa Diamankan di Bandara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Dicurigai Bawa Granat, Mahasiswa Diamankan di Bandara

FAJAR.CO.ID, DENPASAR – Petugas Bandara Internasional Ngurah Rai mengamankan Gunawan Alfred Agustinusa (24), Kamis (24/12). Gunawan kedapatan membawa benda mainan mirip granat berbahan plastik berisi peluru air soft gun.

Gunawan merupakan calon penumpang pesawat Garuda Airlines GA-460 tujuan Denpasar-Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gunawan ditangkap di terminal keberangkatan domestik.

Informasi yang dihimpun Bali Ekspres (Jawa Pos Group), barang bawaan pria yang beralamat di Desa Perak Timur, Kecamatan Pabean, Situbondo, Jawa Timur, itu terdeteksi petugas aviation security service (Avsec).

Mahasiswa tersebut datang dari Surabaya dan tiba di Denpasar sekitar pukul 08.30 dengan pesawat Nam Air (IN-9276). Menurut rencana, Gunawan akan melanjutkan penerbangan dengan tujuan Tambolaka pukul 12.25 Wita.

Pada saat yang bersangkutan memasuki area check in, barang bawaan miliknya tidak diperiksa petugas Avsec. Melainkan langsung mengikuti pengecekan di konter pesawat.

Nah, saat barang bagasi miliknya melewati mesin x-ray yang terletak di belakang counter check in terdeteksi ada benda mencurigakan. Setelah dibuka petugas menemukan benda berbentuk granat berbahan plastik yang berisi peluru air soft gun.

Benda tersebut pun langsung diamankan pihak Avsec. Atas temuan tersebut, pihak maskapai Garuda tidak mengizinkan sang mahasiswa untuk boarding.

Dari berita acara pemeriksaan di ruang ACS kantor Garuda, pria tersebut mengaku granat mainan itu barang titipan. “Benar saya membawa barang tersebut. Itu titipan kakak Tjiang Wish yang saya bawa dari Surabaya menuju Tambolaka GA 460,” kata Gunawan kepada pihak bandara.

Gunawan mengaku tidak mengetahui keberadaan benda tersebut. Dia juga tidak tahu benda yang dibawanya dilarang dalam penerbangan.

Kapolsek KP3 Udara, Kompol Orpa Sari mengatakan, belum mendapatkan laporan dari pihak bandara. “Polsek belum menerima laporan penemuan granat mainan dari calon penumpang itu,” ucapnya sambil bertanya jam berapa insiden tersebut terjadi. (ken/rdr/mus/hsn/JPG)

Click to comment
To Top