Faktanya, Liburan Membuat Jiwa jadi Sehat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Faktanya, Liburan Membuat Jiwa jadi Sehat

aktanya, Liburan Membuat Jiwa jadi Sehat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Siapa sih yang gak suka namanya liburan? Tentu itu menyenangkan. Namun dari sudut pandang psikologi nih, liburan sangat bagus untuk menyehatkan jiwa dan pikiran. Spesialis Kejiwaan RS Haji, dr Mutmainnah Basit SpKJ menuturkan liburan bisa membantu meremajakan tubuh.

Lebih pentingnya lagi, liburan mampu menurunkan tingkat stres dan tekanan darah. Liburan, lanjutnya juga memiliki efek yang sangat bagus dalam jangka waktu lama. Menurutnya, efek dari liburan bertahan berbulan-bulan.

Nina, sapaannya menyatakan kualitas tidur mereka yang mengisi liburannya dengan baik, tidurnya juga baik. “Kualitas tidur juga lebih baik pada orang yang pergi berlibur dibandingkan dengan yang tidak. Jadi, jika punya jatah cuti tahunan,sebaiknya diambil untuk dimaksimalkan dengan berlibur,” sarannya.

Di bagian lain, Psikolog Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr Asniar Khumas mengatakan liburan memiliki sisi yang merilekskan. Kalau rileks secara psikologis memberi dampak positif bagi kesehatan jiwa. Yang paling signifikan apabila dilakukan sekeluarga.

Liburan yang singkat bisa menjadi sangat berkualitas. Dosen UNM ini menuturkan, secara pribadi setiap tahun membawa keluarganya ke tempat tertentu. “Setiap tahun itu saya membawa anak-anak ke tempat tertentu sesuai perkembangan usianya,” terangnya.

loading...
Click to comment
To Top