Hilangkan Stres dengan Meditasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Hilangkan Stres dengan Meditasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Salah satu menjauhkan diri dari stres dengan menengangkan diri sendiri, anda harus pandai mengontrol. Metode yang tepat adalah meditasi. Di dunia kedokteran, meditasi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami gangguan kejiwaan.

Menurut dr Imam Subekti SpKJ, meditasi digolongkan dalam bagian hipnoterapi. Karena itu, kata dia, dalam psikiatri metode ini sering diterapkan untuk pasiennya. Nah, itu karena meditasi mampu mengurangi rasa cemas dengan menenangkan alam bawah sadar. Melalui meditasi hal-hal yang menyakitkan atau mencemaskan terlupakan atau tidak mengganggu pikiran pasien.

Sementara itu, dokter spesialis kejiwaan, Mutmainnah Basit SpKJ menambahkan inti dari meditasi itu adalah praktik relaksasi. Di mana melibatkan pengosongan pikiran. “Makanya dalam kejiwaan, meditasi merupakan anti stres yang paling baik,” katanya.

Cara yang Benar Mutmainnah yang bertugas di RS Haji Makassar menambahkan ada beberapa metode yang tepat untuk melakukan meditasi. Metode itu sangat dasar dan umum dilakukan. Pertama adalah mencari tempat yang tenang dan memakai pakaian yang longgar serta nyaman. Kemudian dilakukan dengan duduk bersila di atas bantal.

Bisa juga menggunakan kursi. Akan tetapi, salah satu yang terpenting perlu diperhatikan adalah sebaiknya duduk dengan setengah badan berada di depan kursi. Bahu dibiarkan dalam kondisi rileks dan meletakkan tangan di pangkuan.

Terakhir adalah mengubah pernafasan dan perhatian terpusat pada aliran nafas. “Kalau itu meditasi pertama lakukan selama 30 menit dan cukup 15 menit kalau Anda sudah terlatih. Lakukan berulang,” jelasnya.

Dilakukan secara kontinu, kata dia, sangat efektif bagi para pemula. Biasanya para pemula belum dapat merasakan manfaatnya. Berbeda jika mereka yang sudah terlatih. “Untuk kontinuitasnya bergantung individu masing-masing. Bisa setiap hari, dua minggu sekali atau seminggu sekali,” tutupnya.

loading...
Click to comment
To Top