Potongan Al-Qur’an Pertama di Dunia Ditemukan di Inggris – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Samudera Ilmu

Potongan Al-Qur’an Pertama di Dunia Ditemukan di Inggris

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perpustakaan Universitas Birmingham, Inggris mengklaim jika mereka menemukan potongan kitab suci umat Islam, Al Quran tertua di dunia. Para pakar meyakini jika potongan di atas kertas tua itu adalah versi pertama Al Quran yang pernah ditulis Sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Abu Bakar.

”Ini adalah penemuan terpenting bagi Muslim di dunia,” kata Direktur Yayasan Mohammad bin Rasyid Al Maktoum yang juga peneliti, Jamal bin Huwareib sebagaimana dilansir independent.co.uk.

Dalam lembaran yang ditemukan, tertulis tanggal pembuatan yakni antara tahun 568 dan 645. Bila disatukan, maka tahun itu menjadi tahun ke 13 setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Dari susunan dan cara penulisannya juga diyakini kalau naskah itu telah dikerjakan oleh tangan-tangan ahli pada masanya. ”Naskah ini menjadi akar Islam dan menjadi revolusi mempelajari Islam,” kata Huwareib.

Meski sempat mendapat keraguan dari sebuah kajian Islam di London, unit Akselerasi Radiokarbon Universitas Oxford meyakinkan bila penulisan naskah Al Quran Birmingham memiliki keakuratan hingga 95 persen.

Potongan yang diyakini sebagai Al Quran, juga pernah diklaim ditemukan di perpustakaan Bibliotheque Nationale de Francem Paris. Naskahnya tertulis dibuat pada tahun 641. (afz/JPG)

loading...
Click to comment
To Top