Ada Rambut di Payudara, Normalkah? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ada Rambut di Payudara, Normalkah?

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –  Ternyata ada  50 juta folikel rambut yang tersebar di seluruh tubuh kita Dan hanya 1/5 nya saja yang tumbuh di area kulit kepala. Selebihnya  tersebar di pelbagai bagian tubuh lainnya. Salah satunya di area puting payudara.

Don’t be panic, dari yang dilansir womenshealthmag.com, Lance Brown, M.D., ahli dermatologi New York mengatakan, “Di sekujur tubuh kita dipenuhi folikel rambut dan kelenjar minyak, termasuk di sekitar puting payudara, jadi selalu ada kemungkinan tumbuhnya rambut.” Dengan kata lain, so, wajar-wajar aja.

Selain di area puting payudara, rambut juga bisa tumbuh di cuping telinga, dagu, dan area pusar. Biasanya rambut yang muncul di puting itu berada tepat di luar areola.

Rambut juga bisa muncul di area lubang telinga yang kadang bisa mengganggu pendengaran. Sementara di area perut, rambut bisa tumbuh dari area pusar hingga rambut kemaluan, atau bisa juga tumbuh acak di sekitar pusar.

Nah, penyebabnya umumnya disebabkan oleh fluktuasi hormon, seperti karena hamil atau menopause. Konsumsi obat-obatan tertentu (seperti testosterone, danazol, anabolic steroids, glucocorticoids, cyclosporine, minoxidil, dan phenytoin) juga bisa jadi penyebab tumbuhnya rambut di sejumlah area tubuh.

Kalau rambut yang tumbuh terlihat/terasa abnormal, mungkin kamu mengidap hirsutisme (kondisi yang menyebabkan tumbuhnya rambut kasar berlebih).Kondisi ini juga bisa karena faktor genetik. Atau kemungkinan lainnya, kamu menderita kondisi yang lebih serius, sepertipolycystic ovary syndrome (PCOS). Namun PCOS ini terbilang langka yang hanya menyerang lima hingga sepuluh persen wanita di seluruh dunia.

Ada cara juga untuk mengatasinya. Tumbuh rambut di area puting payudara bisa jadi hal yang normal. Jadi kamu nggak perlu panik berlebih. Dan kamu bisa mengatasinya dengan mencukur atau waxing. Kalau ingin hasil yang lebih permanen, kamu bisa menggunakan teknik laser.

Click to comment
To Top