PKS Bela Rini Soemarno – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

PKS Bela Rini Soemarno

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Refrizal menyayangkan besarnya wacana penggulingan Menteri BUMN Rini Soemarno (Rinso) dalam rencana reshuffle, yang santer akan dilakukan Presiden Joko Widodo.

Sebagai anggota komisi yang bermitra dengan Rini, Refrizal memandang bahwa Menteri BUMN itu berkinerja lebih baik dibandingkan dengan menteri lainnya yang jadi mitra Komisi VI. “Tetapi sayangnya desas-desus akan terjungkalnya Menteri BUMN di Kabinet Kerja begitu besar. Ukuran pak Presiden dalam melakukan reshuffle apa,” kata Refrizal di Jakarta, Senin (28/12).

Menurutnya, dalam merombak kabinet seharusnya ada evaluasi yang terukur supaya jelas menteri-menteri mana saja yang pantas di reshuffle. Karenanya ia menyarankan presiden jangan asal melakukan reshuffle, apalagi dilakukan hanya untuk mengakomodasi kepentingan partai tertentu.

“Atau mengakomodir partai tertentu yang sudah ngebet ingin masuk kabinet,” tegas Refrizal.

Mengenai sinyal perombakan kabinet tersebut, Refrizal menyatakan itu hak preogratif presiden yang harus dihormati, namun di sisi lain presiden harus berpikir jernih dalam melakukan pergantian di jajaran menterinya.

“Silakan presiden menggunakan hak proregatifnya memperbaiki kinerja kabinet. Saya melihat isu reshuffle yang hangat belakangan ini lebih mengarah ke deal-deal politik tertentu, bukan pada isu perbaikan kinerja pemerintah,” kata politisi senior dari PKS ini. (fat/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top