Tanri Abeng Luncurkan Buku BUMR di Unhas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Tanri Abeng Luncurkan Buku BUMR di Unhas

FAJARON.CO.ID, MAKASSAR — Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) era Soeharto, Tanri Abeng, membawakan orasi ilmiah tentang politik ekonomi dan keuangan inklusif, di Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin, Senin 28 Desember.

Tanri Abeng yang saat ini menjabat Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) tersebut, juga meluncurkan buku berjudul “Badan Usaha Milik Rakyat”.‎

Dalam orasinya, Tanri Abeng menyebut, perekonomian Indonesia terkesan cuma berputar di kalangan pengusaha-pengusaha, dan korporasi-korporasi yang besar. Cenderung eksklusif.

Menurut Tanri, itu terjadi karena belum kuatnya struktur ekonomi rakyat yang dimainkan para pelaku usaha mikro, kecil, menengah. Tanri menyebut, pengusaha besar, yang cuma memperkerjakan sekitar 7 persen dari total tenaga kerja Indonesia, mengusai pemerintahan dan perpolitikan, termasuk akses ke pembiayaan.

“Sementara, UMKM yang mempekerjakan sampai 107 juta manusia, atau 92,5 persen dari pekerja, itu tidak diuntungkan. Masih sulit mengakses pembiayaan, pasar, dan tidak didukung kebijakan,” jelas dia. Harga beli hasil-hasil produksinya, seperti padi, jagung, juga kerap dimainkan pedagang yang merupakan pengusaha besar.(FAJARONLINE.COM/hasbi zainuddin)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top