Waspada ke Kota Manado Bulan Januari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Waspada ke Kota Manado Bulan Januari

FAJAR.CO.ID, MANADO – Masyarakat di Kota Manado, Sulawesi Utara harus waspada. Tren cuaca dari akhir Desember sampai Januari 2016 sangat ekstrem. Kondisi daerah rawan longsor dan pinggiran sungai. Forecaster Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Nurhadi menjelaskan, Januari menjadi puncak hujan di Kota Manado.

“Biasanya Januari potensi besar untuk musim hujan sedang hingga lebat. Potensi disertai dengan angin kencang,” ungkapnya, kemarin.

“Serta, adanya Inter Tropical Convergence atau pola angin konvergen. Pola angin mengumpul yang menyebabkan memanjang, sehingga potensi hujan lama di daerah khatulistiwa. Kota Manado sendiri dekat dengan daerah khatulistiwa tersebut, jadi potensi hujan sedang hingga lebat cukup lama,” terangnya.

Selain hujan deras, potensi angin kencang pun selalu mengintai. “Seperti sekarang, angin sudah mulai kencang. Yang pasti tergantung pola angin bergeser ke arah mana,” bebernya.

Terpisah, Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Fransin A Pattinama, mengimbau warga yang tinggal di daerah rawan bencana longsor dan banjir untuk tetap waspada.

“Berhati-hatilah dengan banjir, khususnya warga yang tinggal di DAS (Daerah Aliran Sungai, red), juga waspada angin kencang. Apalagi sudah peralihan musim seperti sekarang ini. Yang pasti, masyarakat harus selalu waspada,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Sinyo Masikome mengatakan, pihaknya siaga jika hujan terus turun. “Biasanya dari BMKG itu ada informasi berupa peringatan atau pun informasi terkait bencana,” ucap Masikome.

Wilayah rawan banjir biasanya itu adalah pemukiman yang terletak di bantaran sungai. Seperti di wilayah Ternate Tanjung Kampung Argentina. Di wilayah tersebut walaupun hujan hanya sedikit pasti akan banjir karena struktur tanahnya rendah,” tuturnya. (fir/ham/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top