Jangan Eksploitasi Kelemahan Perempuan! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Jangan Eksploitasi Kelemahan Perempuan!

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Gubernur Sultra, H Nur Alam meminta para penggiat perempuan dalam berbagai gerakan memperjuangkan kesetaraan perempuan untuk tidak mengekploitir kelemahan perempuan, seolah-olah  selalu menjadi korban dari kaum lelaki. Sebab, dalam realitas kehidupan sosial perempuan justru memiliki kelebihan atau di atas dari kaum laki-laki.

“Secara jujur apalagi dalam kehidupan rumah tangga justru perempuan itu lebih tinggi dari laki-laki. Kalau pun ada satu dua kejadian berupa kekerasan pada perumpuan itu kasuistis, tidak bisa digeneralisir,” kata Nur Alam dalam sambutannya pada peringatan hari ibu ke-87  tingkat provinsi Sultra, Senin (28/12), seraya menyebutkan berbagai kelebihan perempuan pada kehidupan berumah tangga.

Meskipun begitu, lanjutnya, perjuangan agar perempuan mendapat posisi strategis di berbagai bidang tetap harus didorong, dan menjadi tanggung jawab bersama. “Di Indonesia ini, perempuan sudah ada yang menjadi Presiden yaitu ibu Megawati. Kepala daerah dan anggota dewan juga jumlahnya sudah banyak. Sekarang tinggal kaum perempuan saja mau bersatu atau tidak. Kalau bersatu, maka tentu perempuan yang akan terpilih karena jumlah perempuan lebih besar dari laki-laki,” katanya.

Pada peringatan hari ibu juga ditandai dengan penandatangan ikrar tertulis oleh gubernur, wagub dan anggota Forkompimda, yang isinya tidak akan pernah menyakiti perempuan dan anak, memenuhi hak-haknya dan melindunginya.  Urusan tanda tangan komitmen itu dilakukan sebagai bagian dari dukungan Pemprov Sultra atas sebuah program PBB bertajuk He for She.

Program dunia ini digalakkan dalam rangka meningkatkan mutu kesetaraan gender di seluruh belahan dunia. Lounching program ini digelar bersamaan dengan peringatan Hari Ibu ke-87 dan pengukuhan pengurus Dharma Wanita Sultra. (sawal/KP)

To Top