Jokowi Janji Bakal Bangun Tujuh Waduk di NTT – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Jokowi Janji Bakal Bangun Tujuh Waduk di NTT

FAJAR.CO.ID, ATAMBUA – Presiden Joko Widodo kemarin (28/12) pagi meresmikan pembangunan waduk Rotiklot di wilayah Desa Fatuketi Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu. Peresmian kegiatan pembangunan waduk terbesar ketiga di NTT setelah bendungan Tilong dan Raknamo ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Jokowi didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyo, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Penjabat Bupati Belu Wilhelmus Foni disaksikan para pejabat teras pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Belu serta ribuan warga sekaligus elemen masyarakat penting di wilayah Kecamatan Kakuluk Mesak.

Bendungan Rotiklot yang pembangunannya diresmikan kemarin pagi menurut Jokowi mampu mengairi lahan basah (sawah-red) seluas 139 hektare dan lahan tanaman palawija seluas 500 hektare, Pembangunan bendungan tersebut jelas presiden sebagai upaya pemerintah untuk mengatasi masalah kekurangan air yang selama ini menghambat upaya warga untuk meningkatkan ketahanan pangannya.

“Kunci utama suksesnya peningkatan ketahanan pangan kita selama ini adalah masalah ketersediaan air. Tanpa air yang cukup, tanpa air kita tidak bisa berbuat banyak, potensi lahan yang luas tetap akan menjadi sesuatu yang mubasir,” ujar Jokowi.

Dihadapan para pejabat pemerintah, wakil rakyat dan ribuan elemen masyarakat Kabupaten Belu berjanji akan membangun tujuh waduk berskala besar di wilayah NTT. Selain itu presiden juga berjanji akan membangun kurang lebih 100 unit embung-embung di wilayah propinsi NTT untuk mendukung upaya masyarakat meningkatkan taraf hidup kesejahteraannya kedepan.

“Tiga waduk lainnya termasuk Rotiklot sementara proses pembangunan, sedangkan empat waduk lainnya sementara berproses untuk dimulai pembangunannya. Khusus waduk Rotiklot, maksimal  akan dibangun dalam waktu tiga tahun sudah selesai sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tegas Presiden Jokowi seperti dilansir Harian Timor Ekspress (Fajar.co.id Group).

Tidak hanya itu mengenai fasilitas pembangunan di wilayah perbatas RI-RDTL khususnya di wilayah Kabupaten Belu Jokowi berjanji akan terus memacu dan membenahi  pembangunan di sepanjang garis perbatasan guna mempertahankan harkat dan martabat bangsa di mata negara tetangga Republik Demokratik Timor Leste kedepan.

“Paling lambat akhir tahun depan fasilitas umum seperti  jalan dan pembangunan perumahan sudah selesai sehingga kita tidak kalah bersaing dengan negara tetangga kita. Prinsipnya pembangunan di perbatasan harus jauh lebih maju dan lebih bagi dari mereka di sebelah (Timor Leste-red),” kata Jokowi. (ogi/fri/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top