Lion Air Terbang Perdana dari Makassar ke Madina – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Lion Air Terbang Perdana dari Makassar ke Madina

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kabar gembira bagi masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel). Saat ini sudah bisa menikmati perjalanan umrah dengan penerbangan langsung dari Makassar ke Medinah.

Kemarin, Senin (28/12) pada pukul 11.30 WITA Lion Air telah mulai menerbangkan rombongan perdana jamaah umrah yang terbang langsung ke Medina. Acara pelepasan dilakukan oleh GM Angkasapura I Ahmad Munir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros. Dalam acara tersebut, turut hadir GM Airnav Makassar, Novi Pataryanto dan Kepala Kantor Otoritas Bandara wil V Basuki Mardianto.

Penerbangan perdana ini menggunakan pesawat Airbus A330-300 dengan registrasi PK-LEH. Pesawat ini adalah pesawat ke tiga yang baru saja diterima oleh Lion Air tanggal 14 Desember lalu dari Pabrik Airbus di Toulouse.

“Total jumlah penumpang 412 jamaah, pesawat akan terbang ke Madinah dengan terlebih dahulu transit untuk mengisi bahan bakar (refuelling) di bandara Han Nadim Batam dan selanjutnya menuju bandara Internasional Prince Mohammad Bin Abdul Aziz, Medinah, Saudi Arabia,” jelas Ronny Paslah, Area Manager Lion Air wilayah Sulawesi.

Dikatakan, penerbangan dari Makassar ke Batam akan ditempuh dalam waktu 2 jam 50 menit selanjutnya dari Batam ke Medinah akan ditempuh dalam waktu (flight time) 9 jam 20 menit.

Sementara itu, menurut Ary Azhari, Generel Manager Service Lion Air, potensi jamaah umrah dari Sulawesi Selatan sekitar 3000-4000 jamaah perbulan. Makassar bahkan menjadi hubungan bagi daerah di Timur. Untuk itu pihaknya telah mendatangkan 3 unit air bus A330-300 dari pabriknya di Touloues, dua unit dioperasikan untuk mengangkut jamaah umrah, satu unit untuk backup.

“Sebelumnya penerbangan umrah telah dimulai dari Jakarta 2 Desember, Surabaya 13 Desember, Banjarmasin 15 Desember dan hari ini  28 Desember dari Makassar,” jelas Ary.

Lion Air juga akan melayani penerbangan umrah 12 kali dalam sepekan, 9 kali dari Jakarta dan 3 kali dari kota Makassar, Banjarmasin, dan Surabaya.

Sementara itu, H Faisal dari pihak Travel Patria memaparkan rute yang dilalui ini akan sangat menghemat baik dari segi waktu maupun tenaga. Dengan demikian para jamaah akan bisa langsung tiba di Madinah. “Kalau sebelumnya dengan melalui Jeddah, jamaah harus nyambung dengan bus lagi ke Medinah. Kalau harga saya kira relatif,” kata H Faisal yagn telah memberangkatkan lebih 100 jamaahnya pada penerbangan perdana ini. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top