Masyarakat Goarie Gelar Pesta Rakyat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Masyarakat Goarie Gelar Pesta Rakyat

FAJAR.CO.ID, WATANSOPPENG — Masyarakat Goarie Kecamatan Marioriwawo  menggelar acara Pesta Rakyat di obyek wisata budaya situs Goarie, Selasa 29 Desember.

Acara yang digagas rumpun Arung Libureng dan rumpun Datu Mario tersebut dihadiri ratusan warga dan pejabat Soppeng. Diantaranya penjabat Bupati Soppeng, Tautoto Tanaranggina dan Bupati terpilih, HA Kaswadi Razak.

Berbagai prosesi adat mewarnai acara tersebut. Seperti mappadendang, maggenrang diiringi tarian yang dibawakan para bissu. Selain itu juga digelar acara penyembelihan seekor kerbau yang kepalanya ditanam di sekitar situs budaya itu. Ada juga mappabite manu atau sabung ayam.

Keturunan arung Libureng, Rusdi Sanusi mengatakan ritual yang digelar masyarakat bukan mengarah ke hal yang musyriq. Tetapi sebagai wujud kesyukuran masyarakat setempat atas rezeki yang didapatnya selama ini.

“Ini sebagai bentuk kesyukuran nikmat dan tidak lebih dari upaya menghormati roh para leluhur. Sekaligus sebagai bentuk kearifan lokal dalam memaknai arti kehidupan,”kata Rusdi Sanusi. (FAJARONLINE.COM/asriadi)

Click to comment
To Top