Polisi Sita 317 Terompet Berbahan Sampul Al-Qur’an – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Polisi Sita 317 Terompet Berbahan Sampul Al-Qur’an

FAJAR.CO.ID, PEKALONGAN – Jelang pergantian tahun wilayah Jawa Tengah digegerkan dengan munculnya terompet yang terbuat dari kertas sampul kitab suci umat Islam, Alquran. Barang tersebut dijual secara bebas di mini market Alfamart di sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Tengah.

Jajaran Polres Pekalongan Kota dalam operasi kemarin, Senin (28/12), menemukan 317 batang terompet dari kertas sampul Alquran tersebut. Terompet-terompet yang didapat dari sejumlah Alfamart Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang tersebut langsung diamankan aparat.

Sekilas, terompet-terompet tersebut tidak tampak kalau bahannya dari kertas cover Al Quran. Namun setelah bungkus plastik dan rumbai-rumbai warna-warninya dilepas, baru terlihat jelas kalau memang kertas terompet itu menggunakan sampul Al Quran.

Sampul Al Quran tersebut terbuat dari kertas karton warna hijau. Ada tulisan timbul berbentuk kaligrafi huruf Arab yang terbaca “Alquranul Karim” berwarna emas. Sebagian lagi kaligrafinya warna kuning yang tidak ditulis timbul.

Sedangkan di bawahnya terdapat tulisan yang tersusun dalam tiga baris. Baris pertama tertulis KEMENTERIAN AGAMA RI. Baris ke dua, tertulis TAHUN 2013. Sementara baris ke tiga tertulis TIDAK DIPERJUALBELIKAN.

Kasatreskrim Pekalongan AKP Supadi menjelaskan bahwa diamankannya ratusan terompet itu sebagai tindakan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginka. Pasalnya, sangat besar kemungkinan umat muslim tersinggung dengan keberadaan terompet tersebut.

“Kita mendasari temuan terompet-terompet ini di luar wilayah Kota Pekalongan. Untuk antisipasi supaya tidak terjadi gejolak di masyarakat, maka kita menertibkan yang belum beredar supaya tidak beredar lebih lanjut di masyarakat,” jelasnya.

Selain di Pekalongan, terompet serupa juga ditemukan di wilayah Kabupaten Kendal, Karanganyar, Boyolali dan Sragen. Diduga barang tersebut memang sudah didistribusikan ke seluruh penjuru Jawa Tengah. (way/dil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top