Wagub: Boleh Impor Beras, Tapi Lewat Papua – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Wagub: Boleh Impor Beras, Tapi Lewat Papua

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang, mengungkapkan, impor beras di Indonesia menjadi hal yang kontroversi. Dia juga tak habis pikir, negara penghasil pangan di Indonesia harus mengimpor beras.

“Padahal kita ini negara pangan. Kemarin kami juga pernah mendapat tawaran beras dari Thailand. Harganya sangat murah, cuma Rp4.000 per kg. Kalau itu dibeli Bulog, dan dijual sampai Rp10.000, untungnya tentu besar,” jelas Agus, saat memberi sambutan dalam sosialisasi kemitraan dan on farm, di Kantor Bulog Divre Sulselbar, Selasa 29 Desember.

Namun, pemerintah tentu tetap menolak. Agus menyampaikan beberapa idenya. “Kalau impor diizinkan, sebaiknya diimpor melalui Papua. Jadi kita paksa mereka mengirim barang ke Papua, nanti dari papua dikirim ke daerah-daerah Indonesia barat,” jelas dia.

Itu menjadi solusi, untuk mengatasi ketidakseimbangan kargo. “Katanya, kapal yang mengirim barang ke Timur penuh, tapi saat kembali, kapalnya kosong. Itu membuat harga barang di Papua mahal. Nah, kalau impor digenjot lewat pintu Papua, pengiriman barang dari Timur ke Barat juga akan stabil, sehingga harga bisa stabil,” jelas dia.

Untuk diketahui, pemerintah sebelumnya sudah memberi izin impor 1,5 juta ton beras, untuk dijual oleh Bulog. Tapi, belum beredar.(hasbi/FAJARONLINE.COM)‎

loading...
Click to comment
To Top