Akbar Tanjung Yakin KMP Dukung Ade Komaruddin Pimpin DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Akbar Tanjung Yakin KMP Dukung Ade Komaruddin Pimpin DPR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Akbar Tandjung menganggap keputusan Aburizal Bakrie menunjuk Ade Komarudin sebagai pengganti Setya Novanto di posisi ketua DPR merupakan langkah tepat. Akbar bahkan meyakini Koalisi Merah Putih (KMP) yang menjadi mitra Golkar pun mendukung Ade sebagai pengganti Novanto.

Menurut Akbar, dulu penunjukan Novanto sebagai ketua DPR juga merupakan hasil pembicaraan di KMP yang merujuk pada sistem paket. Karenanya, keputusan Golkar kubu Aburizal  menunjuk Akom -sapaan Ade- sebagai pengganti Novanto pun merupakan langkah.

“Saya pikir relevan karena dia ketua fraksi dari Ical (Aburizal, red) dan berhimpun di KMP. Dari rasional politiknya tepat kalau Ade Komarudin yan‎g menggantikan Setya Novanto,” ujarnya di Akbar Tandjung Institute, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (29/12).

Akbar juga mengatakan, keputusan DPP Golkar memunculkan nama Akom sebagai ketua DPR juga sudah dibahas bersama dewan pertimbangan partai berlambang beringin hitam itu. “Ada komunikasi dengan dia (Ical) dan kami punya pendapat yang sama,” tuturnya.

Lantas bagaimana dengan sosok Agus Gumiwang Kartasasmita yang diajukan Golkar kubu Agung Laksono untuk menggantikan Novanto?Akbar tak mau berspekulasi.

Dia hanya mengatakan bahwa Agus sebgai politikus muda  memiliki prospek ke depan. Namun, kata Akbar, situasi politik memang Golkar kubu Ical bersama KMP yang sedang di atas angin.  “Tentu, cari pengganti dari Partai Golkar yang konsisten dalam KMP,” pungkas mantan ketua DPR itu. (dna/JPG)

Click to comment
To Top