Banyak Konsumsi Vitamin E Berdampak Buruk pada Mata? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Banyak Konsumsi Vitamin E Berdampak Buruk pada Mata?

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Salah satu vitamin yang bagus untuk kulit adalah Vitamin E. Tapi jangan berlebihan, sebab dapat mengakibatkan diare hingga penglihatan berkurang. Seperti apa?

Vitamin E adalah nama umum untuk dua kelas molekul (tocopherol dan tocotrienol) yang memiliki aktivitas Vitamin E dalam nutrisi. Fungsinya untuk kesehatan amatlah banyak.

Dosen Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI), dr Andi Emelda MSi APT menuturkan, Vitamen E berfungsi sebagai anti oksidan. Dengan demikan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selainnya adalah Vitamen E dapat mencegah penyakit hati dan kelelahan. Dan yang terpenting kerap menjadi kebutuhan utamanya wanita adalah Vitamen E memperlambat proses penuaan.

“Vitamen E larut dalam lemak, melindungi tubuh dari radikal bebas dan bisa mencegah penyakit hati, kelelahan dan memperlambat proses penuaan, tegas Ketua Prodi Farmasi UMI ini.

lebih jauh dikatakannya bahwa Vitamen E  juga melindungi lipid tubuh dari kerusakan oksidasi serta berfungsi sebagai metabolisme asam nukleat. Hanya saja kalau dokonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan diare, penglihatan kabur, dan gatal-gatal.

“Kalau mau aman, jangan lebih dari dosi yaknti dak melebihi 1500 iu atau 1000 mg per hari. Tapi kalau di bawahnya, masih aman,” tegasnya.

Kepala Litbang Jurusan Farmasi Poltekes Kemenkes RI Makassar, Rusdiaman SSi MSi Apt, menambahkan pada dasarnya Vitamen E terutama digunakan untuk anti oksidan. Fungsinya untuk menjaga kulit tetap sehat dan mempermudah regenerasi sel.

Fungsi lainya, perlindungan sel terhadap daya destruktif, mencegah strok dan kegagalan jantung karena membantu mengencerkan darah hingga lebih normal.

Vitamin E juga mencegah osteoatritis dan meredakan gejala rematik, melembabkan kulit dan mencegah sinar matahari langsung, menyembuhkan luka, berhubungan kehidupan seksual pria dan mengurangi kram saat menstruasi. “Karena fungsi tersebut makanya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi Vitamen E,” katanya.

Lebih jauh dikatakan jika kelebihan jarang terjadi over karena tubuh menyerapnya sesuai kebutuhan. Kalaupun ada hanya beberapa kasus. “Tapi tidak terlalu signifikan reaksinya,” tutupnya.

loading...
Click to comment
To Top