Biar Sehat, Tidurlah Menyamping! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Biar Sehat, Tidurlah Menyamping!

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Tidur memang menjadi kebutuhan sangat penting bagi kesehatan. Nah, anda harus tahu posisi tidur yang baik seperti apa.

Spesialis Rehabilitasi Medik RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS), dr Asmaun Najamuddin Sp KFR menuturkan bahwa posisi terbaik dalam tidur adalah lurus menyamping. Menyamping bisa ke kiri bisa juga ke kanan. Akan tetapi yang terbaik adalah menyamping ke kanan. “Tidur paling bagus itu menyamping ke kanan,” ujarnya.

Asmaun menjelaskan, posisi menyamping membantu jantung dalam memompa darah. Logikanya, saat menyamping proses pemompaan yang dilakukan jantung lebih leluasa.

Dalam posisi menyamping ke kiri meski leluasa, paru-paru yang berada di atas jantung membuatnya mengalami sedkit tekanan. Saat menyamping ke kanan tidak adalagi tekanan apapun yang bisa membebani jantung.

Lantas bagaimana dengan posisi terlentang? Dokter yang ruang kerjanya tepat berhadapan Masjid RSWS ini menuturkan, posisi terlentang membuat ruang gerak jantung tertekan. Dada bagian depan dan belakang lebih sempit ketimbang sisi kanan maupun kirinya. “Terlebih lagi kalau telungkup, ruang gerak sempti jantung terbatas dan tertekang,” tambahnya.

Lebih jauh Asmaun menjelaskan bahwa dengan posisi tidur yang salah akan membuat pemompaan darah oleh jantung menjadi lambat. Akibatnya darah yang mengalir ketubuh berkurang dan membuat tubuh lemas. “Kalau sudah mengganggu paru-paru akan terjadi sesak,” katanya.

loading...
Click to comment
To Top