Dinas PU Kutim Kucurkan Dana Rp 9 Miliar untuk 139 Unit LPJU – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Dinas PU Kutim Kucurkan Dana Rp 9 Miliar untuk 139 Unit LPJU

FAJAR.CO.ID, SANGATTA – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Timur (Kutim), Provinsi Kalimantan Timur menggelontorkan Rp 9 miliar dari APBD Perubahan 2015 untuk membangun tiang lampu penerang jalan umum (LPJU). Rencananya seluruh jalan utama di Sangatta akan akan diterangi LPJU. Setelah itu, PU akan bergeser ke sejumlah kecamatan.
Menurut Kepala Dinas PU Kutim Aswandini Eka Tirta, dana Rp 9 miliar untuk 139 unit LPJU yang tersebar di Jalan Margo Santoso, Jalan Mulawarman, Jalan APT Pranoto, dan Jalan Kabo. “Judul proyeknya pembangunan LPJU tersebar. Karena pemasangan LPJU menyesuaikan kebutuhan,” ucapnya.
Misalnya pemilihan Jalan Margo Santoso, lantaran banyaknya penduduk yang bermukim di sana. Termasuk jumlah kendaraan yang melintas juga banyak. “Yang pasti bertahap dan diutamakan jalan utama yang banyak dilalui,” ujarnya.
Pemilihan LPJU jenis solar cell lantaran minimnya daya PLN Kutim. Karena dengan solar cell, energi lampu didapat dari cahaya matahari yang disimpan dalam baterai.
“Kalau menunggu listrik PLN, proyek ini bakal molor. Mengingat belum ada kepastian kapan penambahan daya dari PLN khususnya di Sangatta,” terangnya.
Untuk pemeliharaan, PU mengaku siap melakukan. Namun untuk pengawasan terhadap pencurian bukan ranah PU Kutim, melainkan SKPD lain. “Kami hanya membangun, kalau ada yang rusak langsung diperbaiki. Harapannya masyarakat bisa membantu mengawasi. Belajar dari banyaknya LPJU solar cell yang hilang di Jalan Soekarno-Hatta,” imbuhnya.(*/dns/ica/k9/prokal)
Click to comment
To Top