MA Kurangi Hukuman dan Denda Angelina Sondakh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

MA Kurangi Hukuman dan Denda Angelina Sondakh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Angelina Sondakh bisa bernafas sedikit lega. Pasalnya, majelis hakim di Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukan terpidana kasus suap Wisma Atlet SEA Games itu.

Juru Bicara MA, Agung Suhadi mengatakan, majelis hakim agung yang menyidangkan permohonan PK Angie -sapaan Angelina- dipimpin Syarifuddin dengan dua hakim anggota, yakni Andi Samsan Nganro dan hakim ad hoc Syamsul Rakan Chaniago. Menurut Suhadi, majelis PK itu pada persidangan Selasa (29/12) telah mengurangi hukuman untuk Angie.

“Dikabulkan sebagian, turun dari 12 tahun ke 10 tahun dan denda Rp 500 juta subsidair enam bulan kurungan,” kata Suhadi saat dikonfirmasi, Rabu (30/12).

Sebelumnya Angie di tingkat kasasi dijatuhi hukuman 12 tahun penjara plus perintah membayar uang pengganti senilai Rp 12,58 miliar dan USD 2,35 juta. Namun, dalam putusan yang dijatuhkan Selasa (29/12) kemarin sore uang yang disita berkurang menjadi Rp 2 miliar dan USD1 juta.

“Jika tidak mau membayar maka diganti kurungan satu tahun,” jelasnya.

Seperti diketahui, Angie didakwa menerima suap dari peoyek Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pendidikan Nasional. Pada pengadilan tingkat pertama, Angie dijatuhi hukuman 4,5 tahun.

Di tingkat banding, Pengadilan Tinggi DKI menguatkan putusan tingkat pertama. Sedangkan pada putusan kasasi, MA menghukum Angie dengan penjara selama 12 tahun. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top