Pengusaha Diharapkan Lirik Pertanian Pangkep – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pengusaha Diharapkan Lirik Pertanian Pangkep

FAJAR.CO.ID, PANGKEP – Dinas Tanaman Pangan Pangkep terus mendorong investasi di bidang pertanian. Setiap tahun, jumlah rumah tangga petani terus menyusut.

Lemahnya pembangunan sektor pertanian di Pangkep, menjadi isu utama dalam diskusi refleksi akhir 2015 terhadap kebijakan pertanian di Pangkep yang dilaksanakan Sekolah Rakyat Petani (SRP) Payo-payo di aula kantor Dinas Tanaman Pangan Pangkep, Rabu 30 Desember.

Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Pangkep, Hasbi Kasim mengatakan, kebutuhan produksi pertanian semakin mahal, sebab pengusaha lebih cenderung berinvestasi di sektor penyediaan pupuk dan bibit saja, namun sama sekali tidak melirik investasi pada persawahan sehingga petani terjebak dalam permainan pengusaha. “Hasil panen tidak meningkat harganya, sementara pupuk dan bibit tiap saat bisa dimainkan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, penyusutan jumlah rumah tangga petani diakibatkan sektor pertanian dianggap tidak menjanjikan dari sisi ekonomi sehingga petani banyak beralih profesi. “Banyak petani beralih jadi buruh, tukang ojek lantaran dinilai lebih menjanjikan,” ujar Hasbi. (takdir ridwan/FAJARONLINE)


 

 

loading...
Click to comment
To Top