Seperti Ini Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Seperti Ini Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2016

FAJAR.CO.ID, KUPANG – Tahun 2016, perekonomian di NTT diyakini akan terus bertumbuh. Diperkirakan pertumbuhan berkisar 5,2 – 5,6 persen. Sedangkan tahun ini diprediksi mengalami pertumbuhan 5,3 persen.

Prediksi pertumbuhan ekonomi NTT ini sebagaimana disampaikan Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT, Naek Tigor Sinaga saat pertemuan tahunan BI di Kupang.

Prediksi BI ini mendapat respon positif dari pengamat ekonomi, Thomas Ola Langoday. Menurut Thomas, prediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini 5,3 persen sangat wajar karena sejak triwulan satu hingga triwulan tiga ekonomi di NTT terus tumbuh.

“Triwulan empat pada akhir tahun juga diprediksi akan naik karena merupakan puncak realisasi dana-dana pemerintah sehingga pertumbuhan ekonomi sebagaimana prediksi BI itu saya kira wajar,” kata Thomas seperti dilansir Harian Timor Ekspress (Grup JPNN.com), Rabu (30/12).

Namun, lanjutnya, dari laporan tahunan BI, dimana ada dana sekitar Rp 2 triliun yang parkir di perbankan karena tidak dimanfaatkan untuk pembiayaan sektor produktif.

“Kalau dana ini juga dimanfaatkan untuk sektor produktif maka pertumbuhan ekonomi NTT bisa lebih tinggi lagi,” kata Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang itu. (ito/fri/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top