Antisipasi Macet Parah, Jasa Marga Rekayasa Arus Lalu Lintas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Antisipasi Macet Parah, Jasa Marga Rekayasa Arus Lalu Lintas

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PT Jasa Marga memprediksi lonjakan kendaraan meningkat hingga lima persen atau sebanyak 521.722 pada arus balik liburan malam pergantian Tahun Baru 2016. Direktur Jasa Marga, Aditya Warman mengatakan puncak kemacetan akan jatuh pada arus balik tanggal 2 hingga 3 Januari 2016.

Mengantisipasi itu, PT Jasa Marga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas tol. “Dalam rangka antisipasi lonjakan volume lalu lintas (lalin) kendaraan pada arus balik, kami akan terapkan rekayasa lalu lintas serta meningkatkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol (GT),” ujar dia di gedung Jasa Marga, Jalan Kampung Dukuh, Jakarta, Rabu (30/12).

Menurutnya, rekayasa lalin dilakukan dengan cara mengalihkan ke Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 4 jika terjadi kemacetan di GT Cikarang Barat 2 dengan bantuan memasang rambu-rambu Cevron.

Aditya merinci bahwa lonjakan kendaraan akan terjadi di gerbang Tol Cikarang Utama, diprediksi mencapai sebesar 186.202 kendaraan atau meningkat 26,44 persen dari lalin normal. Sedangkan di gerbang tol Cimanggis Utama diprediksi arus balik sebesar 164.570 kendaraan atau meningkat 3,11 persen, dari lalin normal.

Sedangkan di GT Karang Tengah malah  mengalami penurunan arus balik sebesar 170.950 kendaraan atau mengalami penurunan -10,88 persen dari Lalin normal.

Untuk itu, selain melakukan rekayasa lalu lintas, Jasa Marga juga akan meningkatkan kapasitas transaksi di gerbang tol (GT) Cikarang Utama dengan mengoperasikan seluruh gardu atau 7 buah Gardu pada GT Cikarang Utama 2, 14 buah gardu di GT Cikarang Utama 3, penyediaan tambahan persediaan uang kembalian, dan pengaturan Ialu Iintas menuju Gerbang oleh petugas.

“Yang ketiga dengan meningkatkan kapasitas transaksi di GT padat dengan cara optimalisasi kapasitas Gerbang Tol Otomatis (GTO) dengan menurunkan petugas di GTO yang akan membantu melakukan tapping di Reader GTO pada saat antrian mulai padat,” tuturnya.

Jasamarga juga akan melakukan optimalisasi transaksi di Gerbang Tol yaitu memfungsikan GTO sebagai gardu reguler.(mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top