Hukuman Angelina Sondakh Dipotong, Basaria: Saya Percaya Pihak MA… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Hukuman Angelina Sondakh Dipotong, Basaria: Saya Percaya Pihak MA…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan angkat bicara soal putusan Mahkamah Agung (MA) di tingkat permohonan kembali (PK) yang memangkas masa hukuman untuk Angelina Sondakh. Basaria menyatakan bahwa KPK menghormati putusan majelis hakim agung MA.

“Saya percaya pihak MA sudah mempertimbangkan dari berbagai aspek sebelum menetapkan putusan,” kata Basaria melalui pesan singkat, Kamis (31/12).

Sebelumnya, majelis hakim agung yang diketuai Syarifuddin pada Selasa (29/12) mengabulkan permohonan PK yang diajukan Angelina Sondakh. Dengan dikabulkannya PK itu, nekas anggota DPR dari Partai Demokrat yang lebih dikenal dengan nama panggilan Angie itu mendapat keringanan hukuman selama dua tahun penjara.

Angie di tingkat kasasi dijatuhi hukuman 12 tahun penjara plus perintah membayar uang pengganti senilai Rp 12,58 miliar dan USD 2,35 juta. Namun, dalam putusan PK yang dijatuhkan Selasa (29/12), hukumannya dikurangi menjadi 10 tahun dan denda Rp 500 juta subsidair enam bulan kurungan.

Seperti diketahui, Angie didakwa menerima suap dari proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pendidikan Nasional. Pada pengadilan tingkat pertama, Angie dijatuhi hukuman 4,5 tahun.

Di tingkat banding, Pengadilan Tinggi DKI menguatkan putusan tingkat pertama. Sedangkan pada putusan kasasi, MA menghukum Angie dengan penjara selama 12 tahun. (put/jpg)

To Top