Kejagung Klaim Selamatkan Ratusan Miliar Uang Negara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Kejagung Klaim Selamatkan Ratusan Miliar Uang Negara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dalam kurun waktu satu tahun ini Kejaksaan Agung telah menyelamatkan ratusan miliar uang negara dari hasil pengusutan perkara tindak pidana korupsi. Jumlah tersebut mencapai Rp 604,4 miliar yang berhasil diselamatkan baik itu di tahap penyidikan maupun di penuntutan.

Tak hanya itu saja, Korps Adhyaksa juga berhasil menyetor uang pengganti dalam rangka pengembalian kerugian keuangan negara senilai Rp 72 miliar.

“Dalam hal penanganan perkara korupsi yang telah memperoleh putusan tetap pengadilan, maka pelaksanaan eksekusinya harus tuntas termasuk setoran uang pengganti dalam rangka pengembalian uang negara,” jelas Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, Kamis (31/12).

Prasetyo menuturkan, selama satu tahun ini, capaian kinerja Kejagung bersama kejaksaan yang ada di daerah dalam menangani perkara korupsi yakni 1.863 perkara, dalam tahap penyelidikan, 1.717 perkara dalam tahap penyidikan, 2.274 perkara tahap penuntutan, dan 565 terpidana yang sudah dieksekusi.

Perkara-perkara itu, lanjut Prasetyo meningkat pasca Kejaksaan membentuk Satgasus Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Korupsi. “Pembentuk Satgasus P3TPK di Kejagung menjadi pemicu bagi pemberantasan pidana korupsi di seluruh Kejaksaan Indonesia,” pungkas Prasetyo. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top