Kejagung Periksa Mantan Jaksa Agung Terkait Skandal Papa Minta Saham – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Kejagung Periksa Mantan Jaksa Agung Terkait Skandal Papa Minta Saham

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Upaya Kejaksaan Agung dalam menyelidiki dugaan pemufakatan jahat yang menyeret bekas ketua DPR Setya Novanto tak hanya menjangkau Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Maroef Sjamsoeddin. Sebab, Korps Adhyaksa itu juga memeriksa bekas Jaksa Agung Marzuki Darusman.

Pemeriksaan atas Marzuki untuk kasus yang kini dikenal dengan sebutan Papa Minta Saham itu terkait posisinya sebagai komisaris di PTFI. Kejagung memeriksa senior Partai Golkar itu Selasa (29/12).

“Kita sudah periksa komisaris Freeport (Marzuki Darusman) yang juga mantan Jaksa Agung selama dua hari di kantornya,” kata Jaksa Agung M Prasetyo, Kamis (31/12).

Meski demikian, mantan anggota DPR dari Partai NasDem ini ogah dianggap mengistimewakan Marzuki terkait pemeriksaan yang dilakukan di luar Kejagung. Pemeriksaan atas Marzuki memang dilakukan di kantor PT FI di Plaza 89 lantai 5, Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Prasetyo mengatakan, jajarannya sudah memeriksa total 16 saksi termasuk Marzuki Darusman. Sementara, untuk yang lainnya masih menunggu perkembangan tim penyelidik.

Seperti diketahui, Kejagung tengah menyelidiki kasus dugaan pemufakatan jahat dalam pertemuan antara Setya Novanto, pengsuaha M Riza Chalid dan Maroef Sjamsoeddin. Dugaan pemufakatan jahat itu terungkap dari adanya transkrip pembicaraan hasil rekaman pada pertemuan yang dilakukan pada 8 Juli 2015 itu.

Kejagung juga sudah memeriksa Maroef dan Menteri ESDM Sudirman Said. Sedangkan Riza belum bisa diperiksa karena terlanjur kabur ke luar negeri. Sementara pemeriksaan atas Novanto harus menunggu izin dari Presiden Joko Widodo. (elf/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top