Serapan Anggaran Kemendikbud Masih Kalah dengan Polri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Serapan Anggaran Kemendikbud Masih Kalah dengan Polri

FAJAR,CO.ID, JAKARTA – Penyerapan anggaran di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berjalan mulus. Jatah anggaran Kemendikbud tahun 2015 sebesar Rp 52,4 triliun sudah tersalurkan secara efektif.

Hal itu diungkapkan Mendikbud Anies Baswedan di acara Kilasan Setahun Kinerja Kemendikbud 2015 di Jakarta, Rabu (30/12). Menurutnya, penyerapan anggaran Kemendikbud per 30 Desember 2015 mencapai 93 persen.

Pencapaian tersebut membawanya menempati posisi kedua di antara 10 kementerian atau lembaga dengan anggaran terbesar. “Ini prestasi penting. Tapi kita masih kalah dengan Polri yang mendapat ranking pertama untuk serapan anggaran,” tuturnya.

Sejauh ini, Anies mengaku selalu melakukan pengawasan dan pemantauan secara periodik, serta langsung bertindak apabila terjadi masalah. Dengan begitu, kinerja akan berjalan cepat dan efektif. “Itu kuncinya,” jelas penggagas Indonesia Mengajar itu.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu membeberkan, selama menjalankan program yang dicanangkan Kemendikbud, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat porsi dana paling banyak, yakni Rp 31,7 triliun.

Sedangkan jatah terbanyak kedua ada pada Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan sebanyak Rp 11,8 triliun. Kemudian disusul Sekretariat Jenderal Rp 3,1 triliun.

Sementara untuk anggaran tahun depan, APBN yang telah diketok sebesar Rp 2.095 triliun. Dari jumlah tersebut, angka untuk fungsi pendidikan sekitar Rp 419 triliun.

“Dari Rp 419 triliun ini, 66 persen ditransfer ke daerah-daerah, sisanya untuk pusat (Kemendikbud, red), juga Kemenristekdikti,” jelas Anies. (fab/JPG)

loading...
Click to comment
To Top