Dua Desa Pemilihan Lewat Musyawarah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Dua Desa Pemilihan Lewat Musyawarah

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Bulukumba melalui Kepala Seksi Pemerintahan Desa, Wahyudin mengatakan, akan mengusulkan peraturan bupati (perbup) terkait pemilihan desa sacara musyawarah masing-masing Desa Padang, Kecamatan Gantarang  dan Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale.

Meski kedua desa tersebut nantinya dimusyawarahkan, namun tetap juga dibentuk panitia pemilihan kepala desa. Namun  mekanismenya yang berbeda dengan 31 desa lainnya.  “Mekanismenya, panitia tetap menjaring calon kepala desa Persyaratannya, calon yang akan berkompetisi minimal dua orang dan maksimal tiga orang,” ujarnya, Kamis 31 Desember.

Setelah itu semua berkas calon diserahkan ke BPMPD lalu diserahkan  ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang kemudian melakukan pemilihan bersama dengan tokoh masyarakat yang diutus dari beberapa dusun  yang bersangkutan. “Memang ada di Undang-undang no. 6 tahun 2014 tentang desa terkait pemilihan secara musyawarah, namun itu bisa dilakukan jika sudah ada perbup.

Jadi kita dulu harus menunggu terbitnya perbup,” katanya.  Penerbitan perbup juga dilakukan untuk meminimalisir terjadinya konflik, sehingga harus menunggu Perbup. “Kami juga berharap pilkades bisa berjalan damai dan lancar sesuai dengan yang diinginkan,” katanya. (taq/FAJARONLINE)


 

 

loading...
Click to comment
To Top