Enam Tewas dalam Serangan di Pangkalan India – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Enam Tewas dalam Serangan di Pangkalan India

FAJAR.CO.ID, INDIA – Empat orang bersenjata dan dua petugas keamanan pemerintah dinyatakan tewas, setelah kelompok militan menyerang pangkalan Angkatan Udara India dekat perbatasan Pakistan, Sabtu (2/1) dini hari waktu setempat.

Penyerangan ini diyakini akan mempengaruhi upaya dialog antar kedua negara bertetangga perihal senjata nuklir.

Para pejabat mengatakan orang-orang bersenjata dengan mengenakan seragam tentara, berhasil memasuki pangkalan udara Pathankot di negara bagian barat laut India Punjab. Setelah masuk, mereka langsung melepaskan tembakan tanpa pandang bulu.

”Mereka sebelumnya telah membajak sebuah mobil polisi. Serangan ini dilakukan secara cepat dan hanya bisa dilakukan militan Pakistan terlatih,” kata kepala polisi Punjab, Suresh Arora kepada Reuters.

Empat orang bersenjata dan dua penjaga dikonfirmasi tewas. Sementara beberapa lainnya menderita luka. Hingga saat ini belum ada kelompok yang bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Serangan itu terjadi seminggu setelah Perdana Menteri India Narendra Modi membuat kunjungan mendadak ke Pakistan, dalam upaya untuk menghidupkan kembali pembicaraan bilateral. Pembicaraan ini sebelumnya sempat tertunda karena serangan militan. “Sesuatu seperti ini ditakdirkan untuk terjadi,” kata pengamat konflik Asia, Michael Kugelman.

Menteri Dalam Negeri India Rajnath Singh menegaskan bila dengan serangan ini, mereka tak lantas menyalahkan pemerintah Pakistan.

”Pakistan adalah tetangga kami dan kami ingin damai, tapi setiap serangan teroris di India akan mendapatkan respon setimpal,” katanya. Komentar ini memberikan sinyal bahwa India akan tetap melanjutkan pembicaraan bilateral dengan Pakistan.

Sumber-sumber keamanan India menduga bila pelaku penyerangan dilakukan oleh Jaish-e-Mohammed, atau Tentara Mohammed, sebuah kelompok militan yang berbasis di Pakistan yang menuntut kemerdekaan bagi India-Kashmir. (afz/JPG)

To Top