Reshuffle Jilid II Jangan Hanya Ikut Selera Politik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Reshuffle Jilid II Jangan Hanya Ikut Selera Politik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo jangan hanya mengikuti selera politik dan pasar dalam perombakan Kabinet Kerja jilid II. Namun, hendaknya menggunakan indikator target dan evaluasi yang jelas serta terukur.

Demikian saran pengamat politik yang juga dosen FISIP Universitas Lampung, Arizka Warganegara melalui pesan elektroniknya (Sabtu, 2/1). “Satu sisi memang penguatan komposisi eksekutif versus legislatif jadi pertimbangan, artinya wajar jika secara politik, Presiden Jokowi berusaha didukung 50 persen plus satu suara parlemen,” jelasnya.

Akan tetapi, tambah pengamat politik dari Unila yang sedang menempuh studi untuk meraih gelar doktor (S-3) di Jurusan Migration and Ethnic Politics di University of Leeds Inggris tersebut, bukan berarti political atau market taste di atas kepentingan negara.

Menurut dia, harus ada indikator target dan evaluasi yang jelas dan terukur dalam reshuffle yang mesti terkuantifikasi.

Arizka mengingatkan, presiden sebagai chairman executive board harusnya juga memperingatkan para menteri yang masih bermental ‘serasa’ oposisi dan bukan bagian dari pemerintahan.  “Hal ini yang membuat saya menduga persepsi publik sedikit terganggu terhadap leadershipPresiden Jokowi yang dianggap tidak mampu merapatkan barisan kabinetnya,” kata Arizka.

Secara politik tentunya ini merugikan Presiden Jokowi. Menurut dia, tiga tahun lebih waktu tersisa seharusnya dapat dimaksimalkan bekerja untuk rakyat. (wid/rmol)

loading...
Click to comment
To Top