Mencekam! Pasca Eksekusi Tokoh Syiah, Massa Serang Kedutaan Arab Saudi di Iran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Mencekam! Pasca Eksekusi Tokoh Syiah, Massa Serang Kedutaan Arab Saudi di Iran

FAJAR.CO.ID, TEHERAN – Kemarahan warga Iran tak tertahankan menyusul eksekusi mati yang dilakukan pemerintah Arab Saudi terhadap ulama terkemuka Syiah, Nimr al-Nimr.

Akibatnya, Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran, Iran, diserang massa menggunakan bom molotov dan benderanya diturunkan. Diketahui, ulama Syiah terkemuka itu dihukum mati atas dakwaan terorisme.

Berdasarkan informasi dari Iranian Students News Agency (ISNA), seperti dilansir AFP, Minggu (3/1/2016), kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (2/1/2016) beberapa jam usai eksekusi Nimr. Massa merusak interior gedung dan api sempat terlihat dari dalam gedung kedutaan.

“Polisi ada di mana-mana dan telah membubarkan demonstran, beberapa demonstran telah ditangkap,” ujar seorang saksi mata.

Sebelum akhirnya berhasil dibubarkan polisi, massa sempat memanjat atap kedutaan. Beredar pula foto-foto di mana para demonstran mencengkeram bendera Saudi yang berhasil mereka turunkan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arab Saudi Hossein Jaber Ansari meminta polisi setempat melindungi para diplomat dan mencegah terjadinya demonstrasi di depan kedutaan.

Nimr merupakan ulama terkemuka yang mempunyai pengaruh besar di kalangan warga Syiah Iran dan Irak. Ia diketahui belajar Teologi di Iran lebih dari satu dekade. (AFP/pojoksatu)

Click to comment
To Top