Transparansi Anggaran, Dana Desa Harus Diaudit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Transparansi Anggaran, Dana Desa Harus Diaudit

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Alokasi Dana desa (ADD) dan Bantuan Dana Desa (BDD) yang dikelola pemerintahan desa harus dilakukan audit.

Sekretaris DPW Lidik Sulawesi Selatan, Muh. Darwis mengatakan, pihaknya menerima surat dari pusat untuk meninvestigasi penggunaan dana yang masuk ke desa.

“Ini dilakukan supaya singkron antara audit Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Bulukumba, Inspektorat dan Lidik kemudian dilakukan penandatanganan hasil audit supaya tidak ada fitnah,” katanya, Minggu 3 Januari.

Dia menjelaskan, pihaknya juga mencurigai masih ada Laporan Pertanggungjawaban (LPj) desa yang fiktif. Artinya, ada Laporan Pertanggungjawaban yang masuk ke BPMPD, tapi tidak sesuai dengan fakta di lapangan seperti pembangunan fisik yang ada di pedesaan. Pihaknya juga memiliki data terkait desa mana yang memiliki LPj fiktif.

“Kami menemukan indikasi adanya LPj fiktif tapi itu belum bisa dibeberkan, olehnya itu kami mengajak BPMPD dan Inspektorat supaya melakukan audit secara bersama sama supaya hasilnya memuaskan, bukan malah auditnya terpisah antara BPMPD dan Inspektorat,” terangnya.

Dia mengatakan, jika memang nantinya pihak terkait seperti BPMPD tidak menginginkan dilakukan audit bersama maka yang perlu sebenarnya diaudit adalah lembaga yang bersangkutan. (taq/FAJARONLINE)


 

 

loading...
Click to comment
To Top