2015, 61 Nyawa Melayang di Poros Bulukumba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

2015, 61 Nyawa Melayang di Poros Bulukumba

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Sepanjang 2015, sedikitnya 61 pengendara meninggal dunia kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Bulukumba.

Angka tersebut termasuk yang tertinggi di Sulawesi Selatan. “Di Bulukumba angka kecelakaan cukup tinggi. Bahkan lebih tinggi daripada angka kematian akibat penyakit jantung. Ini sangat mengkhawatirkan,” ujar Kanit Lakalantas Polres Bulukumba, Aiptu Syamsul Alam, Senin 4 Januari.

Sebagian besar kecelakaan diakibatkan kelalaian manusia (human error). Pengendara tidak mematuhi tata tertib berlalu lintas. Ironisnya sebagian besar kasus kecelakaan terjadi di pelosok desa.

Tingginya jumlah korban meninggal menunjukkan tingkat keselamatan jalan yang rendah. Hal itu yang mendorong pemerintah sesegera mungkin melakukan perbaikan terhadap tingkat keselamatan jalan.

“Analisis pengelolaan lalu lintas sebenarnya bukan terletak pada peraturan, tapi mekanisme kontrol dan koordinasi yang kurang antara keselamatan jalan sebagai prioritas utama dengan investasi para stakeholder,” katanya.

Karena itu pertumbuhan lalu lintas yang tinggi harus diimbangi operator jalan dengan investasi yang setara. Jika tidak dilakukan, maka kondisi jalan menjadi tidak efisien dan rawan kecelakaan.

“Insya Allah pada 2016 kita programkan sosialisasi tertib berlalu lintas kita fokuskan di desa dan kecamatan,” janjinya. (mustaqim/FAJARONLINE)

 

Click to comment
To Top